Home » » Warga demo Pembangunan Jembatan Layang

Warga demo Pembangunan Jembatan Layang

Written By Redaksi kabarsulawesi on Jumat, 04 April 2014 | 9:21 PM


Kabarsulawesi.com – Gowa : Pembangunan jembatan layang sebagai sarana umum dan menghubungkan makam Raja Gowa Sultan Hasanuddin dan Raja Bone Arung Palakka, dibangun diatas tiga kampung, Bone-bone, Kampung Lakiong, dan Pallantikang Daeng Ago, Kabupaten Gowa, Sulsel, kini diprotes warga setempat. 
 
Pasalnya, pembangunan jembatan layang tersebut belum disetujui warga. Sebab itu Jumat (4/4/2014) sore, sejumlah warga melakukan aksi protes, dan memaksa Lurah Katangka, Haris naik ke mobil yang dipakai warga menuju ke lokasi pembangunan jembatan laying tersebut, Haris sempat berusaha kabur, namun ditarik oleh warga dan langsung dipaksa naik ke atas kendaraan pengunjuk rasa.

Pendemo menuding Haris mengeluarkan surat pernyataan persetujuan palsu warga tentang pembangunan jembatan layang tersebut

Sebelumnya, Puluhan warga Kampung Pallantikang, Kelurahan Katanga, Kecamatan Somba Opu, Gowa, berunjuk rasa di Kantor DPRD Gowa, Jl. Masjid Raya, Selasa (1/4/2014).

Unjuk rasa ini sebagai bentuk penolakan atas rencana pemerintah membangun jembatan layang yang menghubungkan makam Raja Gowa Sultan Hasanuddin dan Raja Bone Arung Palakka.

Pembangunan jembatan layang yang menghubungkan dua makam situs sejarah tersebut sangat merugikan warga dikarenakan area lahan dan rumah warga masuk dalam wilayah proyek namun sampai saat ini belum ada persetujuan dari warga untuk menyetujui pembangunan tersebut.

Pembangunan jembatan layang tersebut pekerjaannya menelan estimasi anggaran sebesar Rp7 miliar. Anggaran tersebut nantinya akan dibagi dua dengan Pemkab Gowa dengan Bone melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2013, masterplannya dikerjakan oleh PT Dann Bintang Gelar Rencana.

Panjang jembatan layang yang dibangun sekitar 700 meter dengan tinggi jembatan dari tanah sekitar tujuh meter dan lebar ruang jalan jembatan tiga meter. (berbagai sumber)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer