Home » » Koalisi LSM Minta Walikota Pilih Orang Luar Jabat Pjs Direktur PDAM

Koalisi LSM Minta Walikota Pilih Orang Luar Jabat Pjs Direktur PDAM

Written By Redaksi kabarsulawesi on Jumat, 09 Mei 2014 | 3:59 PM



Kabarsulawesi.com – Parepare :  Koalisi LSM  yang terdiri dari Institute Kebijakan Rakyat (IKRA), Komisi Nasional Pengawas Aparatur Negara (Komnas Waspan), dan Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK) Celebes meminta walikota Parepare, selaku owner lebih fokus pada pjs Direktur PDAM Parepare yang berkualitas yang tahu soal pelayanan air minum, dan jangan mengangkat pjs Direktur PDAM yang tersangkut masalah hukum.

Walikota Parepare, H. M Taufan Pawe bersama Plt sekretaris Daerah, Mustafa Mappangara, Kadis Kesehatan, dr Muh. Yamin, Kadis PU, Syamsuddin Taha, Kabag Ekonomi, Andi Lukman dan Asisten I Pemkot, Rusman Rahman mendatangi kantor PDAM, Kamis (8/5) Sore.

Kehadiran Walikota Parepare di Kantor PDAM itu untuk melakukan rapat internal di kantor PDAM terkait berbagai masalah dialami PDAM, khususnya pengelolaan manajemen dan pelayanan masyarakat soal air yang saat ini banyak mendapat sorotan dari masyarakat.

Dalam pertemuan itu, Walikota dan rombongan melakukan interview kepada tiga pejabat struktural PDAM parepare, mereka adalah ; Kabag pelayanan dan hubungan langganan, Djamal,. Kabid trasmisi dan distribusi, Bambang Sutrisno  dan kabag keuangan, Muh. Sukri.

Interview yang dilakukan Walikota dan rombongan dalam  rapat internal PDAM, selain untuk membahas masalah-masalah di PDAM, juga menjadi ajang uji kemampuan terhadap tiga pejabat PDAM untuk mencari Pelaksana Tugas Direktur PDAM.Namun hasil interview, ketiga pejabat di PDAM Parepare itu, tidak ada satupun yang memberikan jawaban memuaskan.

Kadis PU, Syamsuddin Taha, mengatakan bahwa, calon pjs diuji oleh walikota tidak memenuhi keinginan walikota untuk mengelola PDAM yang sekarang ini krisis pelayanan.

"Jadi semuanya tidak memuaskan pertanyaanya kepada pak walikota, bisa saja orang luar jika orang dalam tidak ada yang diharapkan memimpin selama 3 bulan lamanya sambil menunggu direktur defenitif sesuai hasil fit and propertes,"jelasnya.

Namun demikian Walikota Parepare, Taufan Pawe kepada wartawan, bahwa soal Pjs telah disiapkan namun siapapun yang akan ditunjuk untuk menjabat sementara, wajib di terima dan didukung oleh seluruh karyawan PDAM Parepare.

Saat ditanya soal kasus hukum yang melanda orang-orang penting di PDAM, menurut, Taufan itu sementara dilidik oleh kejaksaan,"biarkan jaksa lidik kasus PDAM, kita hanya mensuppornya,"jelasnya.

Hari ini, Jumat (9/5), tim yang ditunjuk walikota, yaitu Sekda, asisten I pemkot, Dinas PU, dan Dinas Kesehatan kembali melakukan rapat tetang masalah internal PDAM yang selama ini kinerjanya tidak menonjol termasuk melakukan pemeriksaan kas PDAM.

"Kita melakukan rapat untuk membahas masalah-masalah di PDAM baik masalah pelayanan, maupun adminstrasi keuangannya,"jelas kadis kesehatan, dr Muh Yamin. Yamin mengatakan diantara 3 pejabat PDAM yang diuji tidak sesuai diinginkan walikota.

Tapi yang jelas, kata Syamsuddin Taha, sudah ada calon Pjs yang harus ditetapkan oleh walikota agar bisa bekerja senin (12/5) depan setelah andi Fachruddin Andi Umar berakhir masa tugasnya, tgl 10 mei 2014.

Koalisi LSM  yang terdiri dari Institute Kebijakan Rakyat (IKRA), Komisi Nasional Pengawas Aparatur Negara (Komnas Waspan), dan Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK) Celebes meminta walikota Parepare, selaku owner lebih fokus pada pjs direktur yang berkualitas yang tahu soal pelayanan untuk kepentingan umum, dan jangan mengangkat pjs Direktur PDAM yang tersangkut masalah hukum.

"Kami sarankan pak wali bersama timnya agar memilih pjs direktur atau direktur yang berkualitas jangan asal menunjuk yang bisa berdampak pada kinjera PDAM tidak maksimal, kalau memang tidak layak maka bisa orang luar yang paham PDAM kota Pareparea, dan kami dari Koalisi LSM tetap memantau dan mengawasi kinerja PDAM ," Jelas Uspa Hakim dari IKRA.  (Soel/Smr)
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer