Home » » Posbakumadin Parepare Silaturahmi Kajari Parepare

Posbakumadin Parepare Silaturahmi Kajari Parepare

Written By Redaksi kabarsulawesi on Rabu, 07 Mei 2014 | 8:10 PM



Kabarsulawesi.com – Parepare : Pasca penandatanganan MoU antara Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (POSBAKUMADIN) Parepare dengan Pengadilan Negeri Parepare, jumat (02/5), pada rabu, (7/5), Pengurus Posbakumadin Parepare juga melakukan kunjungan ke Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Parepare. Namun kunjungan tersebut bukan untuk melakukan MoU, melainkan selaturahmi dan memperkenalkan diri.Kajari Parepare,  Irwan Sinuraya, SH menerima pengurus Posbakumadin Parepare yang diketuai Advokat Sulhayat Takdir, SH, di ruang Kajari sekitar pukul 10.00 wita pagi.

Dalam silaurahmi itu, Ketua Posbakumadin Parepare, memperkenalkan peran dan tanggung jawab Posbakumadin terhadap penegakan hukum dan keadilan terhadap warga Negara terlebih lagi bagi masyarakat kurang mampu yang berperkara di pengadilan.

Irwan Sinuraya, SH mewakili Kejaksaan Negeri Parepare mengapresiasi peran dan fungsi Posbakumadin yang telah dibentuk di Pengadilan Negeri Parepare. Kajari mengharapkan ada komunikasi timbal balik antara Posbakumadin dengan Kejari Parepare, utamanya dalam menanganan perkara Pidana.

Selain itu Kajari Parepare Irwan Sinuraya, SH, juga memberikan beberapa masukan bagi pengurus Posbakumadin, baik itu menyangkut beberapa perkara Pidana yang ditangani sampai masalah peran Kejaksaan dalam hal penyuluhan hukum. Malah menurut Kajari Parepare, pihaknya merespon dan akan melibatkan diri melakukan kerjasama bidang penyuluhan hukum dengan pemerintah daerah yang di fasilitasi oleh Posbakumadin Parepare.

Acara silaturahmi yang berjalan sekitar 1,5 jam tersebut, banyak memberikan masukan antara kedua pihak yang sesekali di iringi canda dan tawa dan keakraban, apalagi ketika Irwan Sinuraya, SH, bercerita soal pengalamannya menangani berbagai kasus ketika dirinya bertugas di Kaltim. Acara silaturahmi itu kemudian ditutup dengan foto bersama.

Usai Pertemuan dengan Kajari Parepare, Ketua Posbakumadin Parepare, Sulhayat Takdir, SH ditanya soa peran Posbakum, dia mengatakan,
Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia disingkat/disebut dengan POSBAKUM ADIN berdasarkan Surat Keputusan Pengesahan Menteri Hukum dan HAM R.I. Nomor AHU-5026.AH.01.04.Tahun 2011 tertanggal 27 Juli 2011, sebagai badan hukum yang sah dan satu-satunya lembaga Pemberi Bantuan Hukum sebagaimana dimaksud Pasal 8 ayat (2) Undang-Undang Bantuan Hukum Nomor 16 Tahun 2011; dan sebagai Lembaga Pemberi Layanan Posbakum Pengadilan sebagaimana dimaksud Peraturan Mahkamah Agung No. 01 Tahun 2014 terkreditasi Kementerian Hukum dan HAM RI sebagai Lembaga Pemberi Bantuan Hukum dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM R.I Nomor M.HH-02. HN.03.03 Tahun 2013 tanggal 31 Mei 2013.” Jelasnya.
Ditambahkannya, dengan Motto : Anti Pembohongan dan Pembodohan Hukum dan Semboyan : Fiat Justitia Ruat Coelum, kehadiran Posbakumadin bertujuan sebagaimana diamanat Undang-Undang Kekuasaan Kehakiman Nomor 48 Tahun 2009 mengenai Pasal 57 Jo. Undang-undang Bantuan Hukum Nomor 16 tahun 2011 jo. Undang undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2005 tentang Pengesahan International Covenant On Civil And Political Rights (Kovenan Internasional Tentang Hak-hak Sipil Dan Politik), menampung dan mempekerjakan semua para Sarjana Hukum dan Sarjana Hukum Islam yang belum bekerja atau bekerja bukan pada tempatnya, sehingga para Sarjana Hukum/Islam tidak ada yang menganggur di seluruh tanah air. Masyarakat juga sangat banyak membutuhkan perlindungan & pengayoman serta mempertahankan hak-hak hukum yang banyak dilanggar oleh penguasa dan peradilan sesat pada akhir-akhir ini marak di mana-mana. (SL)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer