Home » » Basarnas Bakal Jadikan Parepare Pusat SAR Regional

Basarnas Bakal Jadikan Parepare Pusat SAR Regional

Written By Redaksi kabarsulawesi on Kamis, 28 Agustus 2014 | 3:11 PM

Kabarsulawesi.com – Parepare : Badan SAR Nasional (Basarnas) berencana menjadikan Kota Parepare sebagai pusat search and rescue (SAR) regional Sulawesi Selatan. Ini untuk memfasilitasi pelatihan tanggap darurat bencana dan upaya penanggulangan bencana di kawasan ini. Rencana ini diungkap Direktur Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan Basarnas Republik Indonesia, Marsekal Pertama TNI, Supriyadi, saat berbicara pada acara Pelatihan Potensi SAR Kota Parepare, di Aula Pertemuan Masjid Agung Parepare beberapa waktu lalu. 

Supriyadi juga menjanjikan akan memberikan bantuan dukungan prasarana dan perlengkapan SAR untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Parepare, bentukan Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe beberapa waktu lalu. Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, menyatakan mengapresiasi rencana Basarnas menjadikan Parepare sebagai pusat SAR. Ia berharap, rencana ini dapat segera direalisasikan sehingga mampu memberikan dukungan optimal pada BPBD Parepare. 

Penetapan Kota Parepare sebagai pusat SAR dinilai Taufan tepat. Kota ini kata dia, telah terbukti mampu memberikan dukungan pada kegiatan operasi SAR berskala regional, seperti pada peristiwa jatuhnya pesawat Adam Air tahun 2006 lalu. Pembentukan BPBD Kota Parepare kata Taufan adalah bentuk keseriusan Pemerintah Kota Parepare terhadap penanganan persoalan-persoalan kemanusian dan kebencanaan di daerah ini. 

Begitu juga kata dia, penempatan kantor BPBD Parepare di pusat perkantoran Masjid Agung, dimaksudkan untuk memberikan kemampuan pada unit ini dalam melakukan operasi-operasi penanggulangan bencana di Kota Parepare dan sekitarnya. Rencananya, unit ini akan dipadukan dengan unit lain untuk memberikan kemampuan optimal dalam operasi kemanusian di lapangan. 

Unit dimaksud adalah Call Centre 112 yang nantinya akan memberikan bantuan pertolongan medis bersifat kedaruratan. Taufan juga berencana memadukan BPBD dengan Unit Pemadam Kebakaran dan Ambulance 

Pada kesempatan ini, Taufan melantik dan mengukuhkan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Kota Parepare. Usai melantik mereka, Taufan menempatkan diri meninjau beberapa peralatan SAR yang didatangkan khusus Basarnas dari Jakarta. (smir)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer