Home » » Istri Ilham Habibie Ajak Erna Taufan Kembangkan Batik Sulsel

Istri Ilham Habibie Ajak Erna Taufan Kembangkan Batik Sulsel

Written By Redaksi kabarsulawesi on Minggu, 17 Agustus 2014 | 3:00 AM

Kabarsulawesi.com – Jakarta : Perhatian Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj. Erna Taufan pada pengembangan kerajinan tenun lokal, rupanya menggugah Insana Ilham Habibie, istri DR. Ing. Ilham Akbar Habibie, putra sulung BJ Habibie. Insana mengajak Erna Taufan, istri Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengembangkan batik tenun sutera khas Sulawesi Selatan (Sulsel), yang akhir –akhir ini redup menyusul serbuan batik tenun sutera dari Jawa dan sejumlah daerah di Indonesia. 

Pengembangan batik tenun sutera Sulsel kata Insana penting, dalam rangka melestarikan keragaman budaya asli Indonesia. Ia berharap, pengembangan batik khas Sulsel ini dapat dimulai dari Kota Parepare, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare menjadi pelopornya. Ajakan Insana disampaikan langsung kepada Erna Taufan dalam pertemuan keduanya di Jakarta beberapa hari lalu. 

Menurut Insana, kualitas dan corak batik tenun Sutera Sulsel tak kalah dengan daerah lain di Indonesia, khususnya Jawa. Hanya saja, kata dia, batik tenun sutera Sulsel kurang tersosialisasi dengan baik , sehingga kurang diminati di pasaran. “Padahal, awalnya batik tenun sutera terkenal berasal dari Sulawesi dan Sumatera, namun akhir-akhir ini tenggelam dengan batik tenun sutera dari Jawa,” katanya. 

Pada kesempatan ini, Insana mengajak Erna Taufan mengunjungi Butik Fine Art Limaran Batik Tenun Sutera, salah satu outlet batik terkenal di Jakarta yang banyak menampilkan batik tenun sutera dari sejumlah daerah di tanah air. 

Menanggapi ajakan Insana Ilham Habibie, Erna Taufan, mengatakan, produk batik khususnya batik tenun sutera Sulsel pada dasarnya memiliki potensi pasar yang cukup baik di Indonesia, jika didisain sesuai dengan kultur dan selera pasar Indonesia saat ini. Erna Taufan menyatakan menyambut baik ajakan Insana untuk menjadikan Parepare sebagai pusat pengembangan batik tenun sutera Sulsel. Ia pun berencana menjadikan pengembangan batik tenun sutera Sulsel ini sebagai salah satu program kegiatan PKK Kota Parepare ke depan. 

 Ia juga mengatakan, dalam waktu dekat ia akan membicarakan hal tersebut dengan Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Sulawesi Selatan. Menurutnya, untuk mengembangkan batik tenun sutera Sulsel dibutuhkan kebijakan yang lebih besar dan luas. “Tentu kami senang, dan kami siap menerima amanah ini. Insyallah dalam waktu tidak terlalu lama kami akan menghadap Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Tingkat Propinsi,” katanya. (smir) 



Ket Foto:
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj. Erna Taufan bersama Insana Ilham Habibie, istri DR. Ing. Ilham Akbar Habibie saat mengunjungi Butik Fine Art Limaran Batik Tenun Sutera di Jakarta beberaa hari lalu. Insana Ilham Habibie mengajak Erna Taufan mengembangkan barik tenun sutera Sulsel di Parepare.
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer