Home » » ITH Parepare Bakal Jadi Institute Sains Skala Internasional

ITH Parepare Bakal Jadi Institute Sains Skala Internasional

Written By Redaksi kabarsulawesi on Kamis, 28 Agustus 2014 | 3:27 PM

Kabarsulawesi.com – Parepare : Walikota Parepare, H. M Taufan Pawe SH.MH Ingin merealisasikan janji-janji politiknya selama ini, salah satunya menjadikan Parepare kota mercusuar pendidikan. Janji dan ide Taufan ini dibuktikan setelah hadirnya Prof DR Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie di kota Parepare untuk menghadiri langsung acara kegiatan pembangunan gedung rektorat Institute Teknologi Habibie (ITH) di lokasi eks gedung pemuda Parepare milik aset Habibie Centre, Kamis (28/8). 

Tufan menjelaskan keinginan dan niatnya selama ini ingin jadikan Parepare sebagai pusat atau sentral kota Pendidikan diwilayah Ajattapareng, bahkan provinsi Sulsel. Sehingga banyak yang menuntut ilmu di kota ini yang berdampak pada peningkatan roda prekonomian yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat kota Parepare. 

Ide Taufan mengenai ITH ini ternyata disampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhiyono (SBY) saat berkunjung ke Parepare, dan SBY pun justru merespon dan memanggil menteri pendidikan agar segera ITH dibangun di kota ini. Bukan saja Presiden SBY, tapi putra daerah sendiri, yakni Bachruddin Jusuf Habibie pun meresponnya bahkan lokasi eks gedung pemuda milik Habibie sendiri justru mendukung lahan itu difungsikan untuk gedung ITH yang berlantai 10 itu. 

Dana sementara yang dialokasikan renovasi bangunan melalui APBD Perubahan 2014 ini sebesar Rp. 1.9 Milyar, dan lokasi kampus II juga sudah disiapkan lahannya di kelurahan Lompoe. ”jadi saya selaku putra Parepare sebagai walikota pertama lahir Parepare ingin membangun kota Parepare tersebut dan pak Habibie pun Juga putra Parepare ingin membangun kota ini demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, adanya ITH dibangun di Kota ini sebagai bentuk keseriusan kami membangun kota kelahiran kami tersebut.”jelasnya. 

Sementara, Prof DR Ing H Bachruddin Jusuf Habibie, sangat mendukung ide walikota Parepare, Taufan Pawe ingin membangun kota kelahirannya, Habibie sangat merespon positif bahkan menginginkan ITH ini dibangun sebagai pusat pendidikan skala internasional. “Saya inginkan ITH ini sebagai pusat pendidikan teknologi sains skala internasional dimana semua warga Indonesia dan mancara Negara mencari menuntut ilmu di kota Parepare ini.”janjinya. 

Bahkan, kata Habibie, menjelaskan bahwa untuk sempurna ilmunya di kota ini maka kami akan melanjutkan pendidikannya di Jerman dimana Habibie sudah siapkan jenjang selanjutnya. “Bilamana ada mahasiswa ITH punya kelebihan atau punya kecerdasan dalam ilmu teknologi sains maka saya akan membayarnya, apakah melalui bea siswa atau digaji ilmu atau teknologi yang didapatkanya bisa menghasilkan uang,”jelas, Habibie sambil akan kordinasi dengan anaknya Ilham Habibie nantinya. 

Lanjut, Habibie, dengan niat baik maka semua akan berjalan dengan baik, karena rakyat sekarang butuh hidup dan sejahtera, hanya pemimpinlah yang tidak becus sengaja kepentinganya dipaksakan untuk kekuasaan, tapi kita harus belajar dengan rakyat tidak menuntut apa-apa kecuali butuh makan atau sejahtera,”jelasnya. (smr)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer