Home » » Kapten La Ode Muri Komandan Upacara HUT RI di Parepare

Kapten La Ode Muri Komandan Upacara HUT RI di Parepare

Written By Redaksi kabarsulawesi on Minggu, 17 Agustus 2014 | 3:09 PM

Kabarsulawesi.com – Parepare : Kapten Inf. La Ode Muri, mantan prajurid Kopasanda (saat ini dikenal sebagai Kopasus) bertugas sebagai Komandan Upacara pada upacara detik-detik Proklamasi dalam rangka peringatan HUT ke-69 Republik Indonesia di Lapangan Andi Makkasau Parepare, Minggu, 17 Agustus. La Ode yang kini bertugas sebagai Pasi Ops Kodim 1405 Mallusetasi ini adalah lulusan Catam Malino tahun 1979. Dedikasi, loyalitas serta segudang prestasi sebagai prajurid lapangan, telah mengantarkannya menjadi perwira hingga berpangkat Kapten sebagaimana saat ini. 

Memulai karier dari bawah, pria kelahiran Muna 1959 ini mengawali karier sebagai prajurid di Batalion Linud 700 Rider Daya. Baginya tugas adalah segala-galanya. Sejumlah pengalaman perang pun telah pernah dilaluinya. Salah satunya Perang Timor – Timur tahun 1980 dan operasi penumpasan Organisasi Papua Merdeka (OPM) tahun 1982. Kedua perang ini rupanya menyisahkan kenangan yang luar biasa kepada La Ode. Ia mengatakan, tak dapat melupakan rekan-rekannya yang tewas saat bertugas di lapangan. 

“Utamanya saat perang Timor-Timur, itu adalah perang yang luar biasa, kita berada di hutan berbulan-bulan antara hidup dan mati,” kata La Ode, ditemui usai acara upacara detik-detik Proklamasi di Lapangan Andi Makkasau, Minggu, 17 Agustus. 

Karena dinilai cekatan di lapangan dan berhasil menghalau gerombolan Fretilin Timor-Timur, pada tahun 1980, Mabes TNI selanjutnya menarik La Ode sebagai Prajurid Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopasanda) di Jakarta. Kejadian ini hanya selang setahun sejak ia diterima sebagai tentara. Dari Kopasus, tahun 1999 ia dipercaya sebagai Komandan Peleton (Danton) Kostrad Kariango Maros. Selanjutnya, tahun 2000 dipercaya sebagai Danramil Tanete Rilau Kabupaten Barru. 

Dari sana, perjalanan kariernya berlanjut sebagai Komandan Unit Intel Kodim Majene. Selanjutnya, tahun 2004 menjadi Danramil Pambuang Kabupaten Majene, Kasi Intel Kodim Majene tahun 2006 dan Dantim Intel Korem 142 Tatag tahun 2010. Menariknya, pada momentum HUT Proklamasi tahun ini, tak hanya dirinya dipercaya negara bertugas di acara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Parepare, namun juga salah seorang putranya ikut bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). 

Ia adalah La Ode Muhammad Riswan, siswa SMA Negeri 1 Parepare, terpilih sebagai salah satu dari tiga orang petugas penggerek bendera pada peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Parepare tahun 2014. Bertugas bersama dalam momentum peringatan HUT kemerdekaan, tentu menjadi cerita tersendiri bagi kelurga ini. Mantan Danramil Tallu Limpoe Amparita Kabupaten Sidrap tahun 2013 ini berharap, jiwa disiplin, dedikasi dan amanah dalam mengemban tugas, dapat menurun pada putranya.(ode)
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer