Home » » Pendaftar membludak STAIN Tutup Pendaftaran Lima Jurusan

Pendaftar membludak STAIN Tutup Pendaftaran Lima Jurusan

Written By Redaksi kabarsulawesi on Rabu, 13 Agustus 2014 | 8:51 PM

kabarsulawesi.com – Parepare : Peserta Ujian Saringan Masuk (USM) Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare tahun 2014 terus membludak. Meski masa pendaftaran tahap kedua telah dinyatakan tutup, namun antusiasme Calon Mahasiswa Baru (Camaba) di perguruan tinggi negeri satu-satunya di Kota Parepare ini terus saja mengalir. Hingga akhir pendaftaran tahap dua Juli lalu, jumlah Camaba STAIN berhasil menembus angka 2500 orang. 

Dari jumlah tersebut, pihak STAIN hanya menerima sekitar 900 orang. Artinya, ada sekitar 1600 orang terpaksa tak bisa menikmati proses perkuliahan di STAIN Parepare tahun ini. Ketua (Rektor) STAIN Parepare, DR. Ahmad S Rustam, M.Si, mengatakan, para peminat umumnya adalah lulusan SMA, SMK, MA/sederajat serta pesantren dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan, dan sejumlah provinsi tetangga, seperti Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. Ditemui di Kampus STAIN, Rabu, 13 Agustus, 

Dr Ahmad menjelaskan, sesuai kalender akademik, pihaknya akan kembali membuka pendaftaran tahap tiga guna memberikan kesempatan kepada Camaba yang dinyatakan gugur pada seleksi tahap dua. 

Namun kesempatan ini kata alumni program doctor ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin ini, tidak diberlakukan untuk semua Prodi, menyusul tercapainya quota yang ditetapkan STAIN untuk Prodi-Prodi dimaksud. 

Kelima Prodi tersebut adalah Prodi pendidikan Agama Islam dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Tarbiyah, Prodi Perbankan Syaria dan Muamallah Jurusan Syariah, dan Prodi Bimbingan Konseling (BK) Jurusan Dakwah Komunikasi. Banyaknya jumlah pendaftar yang yang diluar dugaan di lima Prodi ini, membuat pihak STAIN mengambil kebijakan tambah kelas. 

Salah satunya Program Studi (Prodi) seperti Perbankan Syariah yang melakukan penambahan satu kelas dari tiga kelas yang disiapkan. “Untuk Jurusan Perbankan kami siapkan tiga kelas, namun jumlah pendaftar rupanya mencapai tujuh kelas. 

Olehnya itu, kami sepakati tambah satu kelas lagi,sehingga total kelas Perbankan Syariah untuk semester ini adalah empat kelas,” kata Ketua Jurusan Syariah. Ketua Jurusan Dakwah Komunikasi, Muh Saleh, mengungkap, pendaftaran tahap ketiga akan dilakukan setelah proses pendaftaran ulang dan pemberksan administrasi Camaba yang lulus test tahap dua selesai. 

“Isnyaallah setelah tanggal 15 Agustus,” kata Saleh yang dihubungi via Handphone, Rabu, 13 Agsutus. Ia juga mengungkap, salah satu Prodi baru di Jurusan Dakwah Komunikasi, yakni Manajemen Dakwah (Manajemen Komunikasi) mulai semester ini telah menerima Camaba, dan hingga pendaftaran tahap dua selesai, kata dia, jumlah pendaftar di jurusan ini telah mendekati quota yang disediakan. (ist/smr)
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer