Home » » Ratusan Kalangan CSI Bakal Hadiri Pemancangan Tiang ITH

Ratusan Kalangan CSI Bakal Hadiri Pemancangan Tiang ITH

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 26 Agustus 2014 | 7:22 AM

Kabarsulawesi.com – Parepare : Groundbreaking pemancangan tiang gedung rektorat Institut Teknologi BJ Habibie (ITH), Kamis, 28 Agustus mendatang, menjadi perhatian tersendiri bagi sarjana komputer Indonesia, bahkan dunia. Dikabarkan, sebanyak 100 orang computer science Indonesia (CSI) telah menyatakan kesediaan mereka menghadiri acara yang akan berlangsung di eks Gedung Pemuda Parepare tersebut. 

Mereka adalah putra – putra terbaik bangsa yang saat ini sebagian besar sementara menyelesaikan pendidikan program doktor keilmuan komputer di berbagai negara di dunia, mulai dari Australia, Jepang, Eropa hingga Amerika. Meraka ini adalah para calon dosen ITH yang telah mendaftarkan diri melalui penerimaan online yang dibuka tim ITH beberapa waktu lalu. Dr. Armin Lawi, M.Eng, dosen ilmu komputer Universitas Hasanuddin Makassar, yang juga konsultan ITH Parepare, mengkonfirmasikan bahwa para sarjana computer Indonesia itu, akan tiba Parepare Rabu, 27 Agustus sore. 

Dihubungi via handphone, Minggu, 24 Agustus, Armin yang sedang berada di Maluku, menyatakan, nama besar BJ Habibie, mantan Presiden Republik Indonesia ketiga kelahiran Parepare, menjadi magnet tersendiri bagi para sarjana computer science Indonesia bergabung dengan ITH. Hingga saat ini kata Armin, telah ada 105 sarjana komputer mendaftar dan menyatakan diri siap menjadi tenaga dosen ITH Parepare. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah, seiring kepastian perguruan tinggi ini segera menerima mahasiswa tahun 2015 mendatang. 

“Ini telah menjadikan hambatan keterbatasan SDM dan kurikulum yang banyak dialami dalam pendirian perguruan tinggi di Indonesia, tidak dialami oleh ITH,” terang Armin. Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, menegaskan, groundbreaking pemancangan tiang gedung rektorat ITH akan dilakukan langsung BJ Habibie. Habibie dijadwalkan tiba di Parepare, Rabu, 27 Agustus. 

Acara ini juga dihadiri para rektor dan seluruh pimpinan perguruan tinggi se Sulawesi Selatan. Memimpin rapat pemantapan penyambutan BJ Habibie di Rujab Wali Kota Parepare, Sabtu, 23 Agustus, Taufan menyatakan, selama di Parepare BJ Habibie juga diagendakan meletakkan batu pertama pembangunan Monumen Patung Cinta Ainun Habibie di sudut Barat Daya Lapangan Andi Makkasau. 

Sebelumnya, Taufan mengungkap, pemerintah kota telah menyediakan dana awal Rp. 1,9 Miliar dalam RAPBD Perubahan Kota Parepare tahun 2014. Rektorat ITH akan didesain sedemikian rupa, mencirikan kemajuan (peradaban), lokalitas (nilai-nilai lokal) serta BJ Habibie sebagai ikon utama ITH. Taufan mengatakan, dukungan terhadap pendirian ITH Parepare terus saja berdatangan dari berbagai pihak. Salah satunya Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Terkait ini, Pemerintah Kota Parepare dan Unhas dalam waktu dekat segera menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). 

Penandatanganan ini akan dilakukan bersamaan dengan Dies Natalis Unhas pada September mendatang. Taufan mengatakan, Pemkot dan Unhas awalnya telah bersepakat MoU dilakukan sebelum kegiatan groundbreaking, namun Rektorat Unhas, Prof DrDwia Aries Tina MA, menginginkan kegiatan ini dilakukan pada kegiatan Dies Natalis Unhas sebagai bentuk keseriusan Unhas mendukung pendirian ITH. 

Plt. Sekda Kota Parepare, Mustafa Mappangara, menjelaskan, Mou dengan Unhas penting dalam rangka memenuhi salah satu syarat pendirian ITH. Unhas kata dia, akan menjadi induk semang ITH sebagaimana disyaratkan UU tentang pendirian perguruan tinggi. (hms)
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer