Home » » Dari Seminar KNPI : Anggota DPR RI Dukung Pendirian ITH Parepare

Dari Seminar KNPI : Anggota DPR RI Dukung Pendirian ITH Parepare

Written By Redaksi kabarsulawesi on Minggu, 07 September 2014 | 2:00 AM

Kabarsulawesi.com – Jakarta : Langkah Taufan Pawe, Wali Kota Parepare menghadirkan Institut Teknologi BJ Habibie di Kota Parepare, sepertinya segera terwujud. Ini setelah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Syamsul Bachri, menyampaikan dukungannya bagi pendirian perguruan tinggi yang akan fokus pada keilmuan komputer itu. Wakil Sekjen (Wasekjen) DPP Partai Golkar ini, berjanji akan memperjuangkan pendirian ITH di lembaga legislatif. 

Janji ini disampaikan Syamsul Bachri, saat menjadi pembicara pada Seminar Nasional Pendidikan, di Barugae, Kompleks Rujab Wali Kota Parepare, Minggu, 7 September. Dalam seminar yang digelar DPD KNPI Sulawesi Selatan ini, Syamsul Bachri, mengatakan, menjadi kewajiban dan tanggung jawab moril dia untuk mendukung perjungan pendirian ITH. 

 Ia juga menjanjikan dukungan partainya terhadap ide besar Wali Kota Parepare tersebut. 

Seminar ini dihadiri ratusan pengurus KNPI Sulsel dan KNPI Kota Parepare, dan merupakan rangkaian kegiatan Rapat Kerja Daerah KNPI Sulsel. Acara ini juga dihadiri pimpinan SKPD lingkup Pemkot Parepare. Syamsul Bachri menyatakan, mengapresiasi ide besar Wali Kota Parepare, Taufan Pawe untuk menghadirkan ITH. Ia pun mengajak semua pihak, utamanya kader-kader KNPI Sulsel mendukung hadirnya ITH di Kota Parepare. 

Kehadiran ITH Parepare kata dia, akan menjadi spirit jaman kebangitan pendidikan Sulawesi Selatan. Perguruan tinggi ini dipercaya membawa perubahan besar bagi peradaban dan kemajuan ekonomi Sulawesi Selatan. Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, mengatakan, dukungan Syamsul Bachri penting sekaligus menjadi energi baru bagi pemerintah kota dalam mewujudkan harapan masyarakat Parepare, menjadikan kota berpenduduk 130 ribu jiwa ini sebagai mercusuar pendidikan di kawasan timur Indonesia. 

Sebelumnya, dukungan juga datang dari tokoh-tokoh Sulsel, seperti Mantan Guburnur Sulsel, Andi Oddang, Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries TinaPulubuhu, MA serta Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. 

Unhas dan Pemerintah Kota Parepare rencananya segera meneken MoU terkait pendirian ITH ini. Salah satu poin MoU dimaksud adalah kesediaan Unhas menjadi induk semang ITH. MoU ini diagendakan ditandatangani kedua belah pihak pada Dies Natalis Unhas, tanggal 9 September 2014. 

Sementara dari Jakarta, supporting terhadap pendirian ITH datang dari mantan Menteri Pendidikan Nasional, Prof DR Malik Fajar, para guru besar Kelimuan Komputer Universitas Indonesia, serta Ketua Dewan Teknologi Infomasi dan Komunikasi Nasional, Dr. Ilham Habibie. 

Taufan menyatakan, saat ini seluruh dokumen yang dibutuhkan dalam pendirian ITH telah dipenuhi Pemerintah Kota Parepare dan telah berada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jakarta. Dokumen ini rencananya akan segera dikomunikasikan oleh pihak Kemendikbud dengan Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

Taufan menjelaskan, pihak Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendikbud juga telah mengkonfirmasikan rencana mereka melakukan visitasi ke Kota Parepare. Visitasi adalah salah satu syarat yang diwajibkan perguruan tinggi negeri sebagaimana diamanatkan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2014 tentang Pendirian Perguruan Tinggi Negeri Visitasi dilakukan untuk melihat langsung kesiapan lahan dan hal lain yang dibutuhkan sekaitan pendirian ITH Parepare. 

Nantinya setelah kegiatan visitasi kata Taufan, langkah selanjutnya adalah tinggal menunggu terbitnya Keputusan Presiden Republik Indonesia tentang pendirian ITH.(smir)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer