Home » » Wartawan Jerman Kunjungi Parepare

Wartawan Jerman Kunjungi Parepare

Written By Redaksi kabarsulawesi on Jumat, 26 September 2014 | 2:30 AM

Kabarsulawesi.com – Parepare : Keberadaan Institut Teknologi BJ Habibie (ITH) Parepare telah melambungkan nama Parepare di dunia internasional . Kota kelahiran Presiden Ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie ini, dalam waktu dekat akan tayang dan tampil di sejumlah media terbitan Jerman dan Eropa. Ini setelah 10 orang wartawan Jerman dari berbagai media cetak dan elektronik, Jumat, 26 September mengunjungi Kota Parepare. 

Mereka adalah wartawan senior yang ditugaskan pimpinan media masing-masing, meliput aktivitas BJ Habibie di kota kelahirannya, khususnya terkait rencana pendirian ITH. Jorg Riefen Stahl, pimpinan rombongan, mengatakan, kedatangan mereka ke Parepare merupakan tindaklanjut pertemuan mereka dengan BJ Habibie di Jerman beberapa waktu lalu. 

Dalam pertemuan tersebut, Habibie menyampaikan sejumlah rencana, obsesi serta harapannya dengan Kota Parepare. Salah satunya keiginan BJ Habibie menjadikan kota berpenduduk 130 ribu jiwa ini sebagai kota pendidikan terkemuka di Indonesia di bidang computer science. Ide ini kata Jorg Riefen Stahl, menarik perhatian media-media besar Jerman, sehubungan nama dan pengaruh BJ Habibie di Jerman yang dikenal sebagai manusia ‘langka’ dan jenius. 

Mereka ingin meliput langsung kondisi Parepare yang disebut oleh Habibie, luas dan jumlah penduduknya hampir sama dengan kota Acher, tempat ia menimba ilmu selama di Jerman. Jorg Riefen Stahl menjanjikan, hasil liputan mereka akan tayang dan terbit di media-media besar Jerman, termasuk kata dia, sejumlah media Eropa. 

Ini dimungkinkan karena sebagian diantara mereka adalah pewarta warga (Citizen Reporting) untuk media terbitan Eropa. Termasuk kata Jorg Riefen Stahl, dirinya yang banyak menulis untuk Koran besar di Hamburg. Kedatangan mereka di Kota Parepare direkomendasikan langsung Bj Habibie kepada Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe. “Saya langsung ditelepon Pak BJ Habibie di Jakarta bahwa ada wartawan Jerman akan kemari,” kata Taufan. 

Taufan menerima mereka secara resmi di Rumah Jabatan Lasiming. Hadir Plt. Sekda Kota Parepare, Mustafa Mappangara beserta seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemkot Parepare. Taufan Pawe menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para jurnalist Jerman, yang kata dia, telah datang jauh-jauh hanya untuk melihat kota kelahiran BJ Habibie. Taufan berharap, tampilnya Kota Parepare di media Jerman adan Eropa secara umum, akan memberikan pengaruh positif bagi kemajuan dan perkembangan kota ini ke depan. 

Pada kesempatan ini Taufan memaparkan hal-hal terkait aktivitas BJ Habibie di Kota Parepare. Utamanya kegiatan groundbreaking ITH dan pembangunan monument cinta sejati Habibie-Ainun. Pemaparan ini dibantu penayangkan video ledatangan BJ Habibie mulai dari penjemputan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, hingga seluruh aktivitasnya selama di Parepare.(smir)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer