Home » » Komisi II Tuding BUMD Tidak Transparan Kelola PAD

Komisi II Tuding BUMD Tidak Transparan Kelola PAD

Written By Berita Wajo Terkini on Selasa, 17 Maret 2015 | 8:37 PM

Gusti A Makkarodda saat reses
Kabarsulawesi.com: Wajo - Manajemen Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Wajo Energi Jaya (WEJ) dinilai tak terbuka dalam masalah pendapatan (PAD) terutama dari City Gas yang beroperasi sejak tahun 2013 lalu, karena selama ini BUMD belum pernah menyampaikan laporan keuangannya.

Berdasarkan petikan Perda BUMD setiap akhir tahun BUMD, seharusnya memasukkan laporan keuangannya ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo. Namun menurut Komisi II DPRD Wajo yang menjadi mitra dengan BUMD mengaku tidak pernah menenerima laporan keuangan selama City Gas tersebut berjalan.

"Laporan keuangan BUMD sampai sekarang tak pernah kami liat, kita juga belum tahu bagaiman bentuk kerja sama antara BUMD dengan Pertamina" kata Sekretaris Komisi II Asri Jaya A Latief didampingi anggota Komisi II lainnya, Gusti Andi Makkaroddan dan Ashanul Hak Nawawi.

Kata Asri Jaya, tidak adanya laporan keuangan BUMD,  membuat  PT Wajo Energi Jaya dianggap tidak transparan dalam hal pengelolaan keuangan. Pasalnya, dalam pendirian PT WEJ, ada dana penyertaan modal dari Pemerintah Kabupaten sekira Rp1 milyar rupiah.
  
Menanggapi hal itu Direktur BUMD PT.WEJ Andi Muh Tamrin, malah balik menuding Komisi II DPRD Wajo keliru, ketika BUMD diminta harus memasukkan laporan keuangan ke DPRD Wajo. Perjanjian kerja sama (PKS) antara BUMD dan Pertamina, menurutnya, tidak ada hubungannya dengan DPRD. Karena laporan jaringan gas di audit oleh akuntan publik setiap tahunnya.

"Laporannya audit itu kami masukkan ke Pemkab dengan tembusan ke Ketua DPRD. Itu tiap tahun kami lakukan. Terkait dengan perda, dia mengaku, PT WEJ patuh pada UU 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas" katanya.(JN)
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer