Home » » Petani Diminta Waspada, Pupuk Palsu Beredar Di Wajo

Petani Diminta Waspada, Pupuk Palsu Beredar Di Wajo

Written By Berita Wajo Terkini on Minggu, 15 Maret 2015 | 5:01 PM

Kabarsulawesi.com: Wajo - Belum lama ini, pegawas pupuk Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) menemukan bongkar muat 24 ton pupuk jenis SP 3,6 cap kambing yang dinilai ilegal karena izin dan isi yang terkandung di dalamnya tak sesuai.

Pupuk jenis SP 3,6 cap kambing Dalam izin P2o5 pada pupuk jenis SP 3,6 cap kambing tersebut sebesar 12 persen. Sementara yang tertera dalam karung hanya 3,6 persen. Namun, setelah dilakukan uji laboratoriuam, ternyata P2o5 hanya 0,32 persen.

Sabran kepada media ini mengatakan, pupuk jenis SP 3,6 cap kambing itu dilarang untuk diperjual belikan lagi. Bahkan pihaknya mengancam jika ditemukan maka akan berhubungan dengan hukum.

"Jenis pupuk yang palsu itu adalah jenis pupuk merek sp 3.6 cap kambing yang asli sp 36 cap domba sehingga masyarakat diminta untuk memperhatikan merek tersebut, setelah ditemukan dan dilakukan penelitian hingga akhirnya ditetapkan jika barang itu merupakan merek yang mengkelabui petani karena isinya tidak sesuai dengan surat izinnya," ungkapnya.

Sabran menambahkan, pupuk itu tidak ditahan. Hanya dilarang diedarkan di Kabupaten Wajo. Jika masyarakat menemukan pupuk tersebut diedarkan kiranya dapat bekerjasama dengan pihak Distanak agar bisa dilaporkan ke pihak berwajib.(ks-jumardi)
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer