Home » » Pernyataan sikap Amnesty International tentang eksekusi mati di Indonesia

Pernyataan sikap Amnesty International tentang eksekusi mati di Indonesia

Written By Redaksi kabarsulawesi on Minggu, 26 April 2015 | 12:36 PM

Kabarsulawesi.com : "Amnesty International sangat kecewa bahwa pemerintah Indonesia akan mengambil langkah regresif melaksanakan eksekusi mati dalam 72 jam ke depan, meskipun protes global melawan kembalinya hukuman mati di sana." 

"Namun itu masih belum terlambat untuk Presiden Joko Widodo untuk menghentikan eksekusi ini dan membangun moratorium atas semua eksekusi mati menuju penghapusan hukuman mati." "Semua individu yang akan eksekusi dihukum mati karena kejahatan narkoba, pelanggaran yang tidak memenuhi syarat sebagai “kejahatan paling serius” yang bisa diterapkan dengan hukuman mati berdasarkan hukum internasional. 

Selain itu, tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa hukuman mati mencegah kejahatan lebih efektif daripada hukuman lainnya. " "Kalau eksekusi ini lanjut, Indonesia akan melanggar hukum dan standar HAM internasional. Standar internasional dengan jelas menetapkan bahwa tidak ada eksekusi harus dilakukan sementara masih ada proses hukum seperti dalam kasus Mary Jane Veloso dan Zainal Abidin. 

Selanjutnya, hukum internasional melarang penggunaan hukuman mati terhadap mereka yang memiliki gangguan mental atau pikiran, seperti dalam kasus Brasil Rodrigo Gularte yang telah didiagnosis dengan masalah skizofrenia paranoid. Amnesty International menentang hukuman mati dalam semua kasus dan dalam keadaan apapun, terlepas dari sifat kejahatan, karakteristik pelaku, atau metode yang digunakan oleh negara untuk melaksanakan eksekusi. Hukuman mati merupakan suatu pelanggaran terhadap hak atas hidup dan merupakan penghukuman yang paling kejam, tidak manusiawi, dan merendahkan martabat. Sejauh ini 140 negara telah menghapuskan hukuman mati dalam hukum atau praktek. 

Rupert Abbott, Direktur Riset, 

Kantor Asia Tenggara dan Pasifik, Amnesty International
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer