Home » » Pemkab Luwu Timur Kembali Raih WTP

Pemkab Luwu Timur Kembali Raih WTP

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 19 Mei 2015 | 2:10 PM

Kabarsulawesi.com – Luwu Timur : Untuk ketiga kalinya Pemerintah Kabupaten Luwu Timur kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK ) RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan. Pemberian opini WTP ini diberikan BPK usai menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur tahun anggaran 2014 yang berlangsung di gedung serba guna lantai 2 kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Sulsel di Makassar, Selasa (19/05/2015). 

Hadir dalam acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK, Bupati Luwu Timur, Andi Hatta Marakarma, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Luwu Timur, Aris Situmorang dan seluruh Kepala SKPD Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur. Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Selatan, Tri Heriadi mengatakan Pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dilakukan dalam rangka memberikan pendapat/opini atas kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan dengan mendasarkan pada, kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern. 

Lanjut Tri, dalam melaksanakan pemeriksaan keuangan, selain memberikan opini atas laporan keuangan, BPK juga melaporkan hasil pemeriksaan atas sistem pengendalian intern, dan laporan hasil pemeriksaan atas kepatuhan terhadap peraturan peundang-undangan. 

"Berdasarkan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur TA 2014 BPK memberikan opini “ Wajar Tanpa Pengecualian “ hal ini menunjukkan ada peningkatan opini dibandingkan tahun sebelumnya" ungkapnya. 

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Selatan juga mengucapkan, selamat kepada Bupati Luwu Timur beserta jajarannya atas diperolehnya opini WTP ini. Menurutnya opini yang diberikan oleh BPK merupakan hasil akhir dari prestasi Pemerintah Daerah yang telah melaksanakan tata kelola keuangan sesuai dengan kaidah dan aturan pengelolaan keuangan. Pada kesempatan yang sama, Bupati Luwu Timur, Andi Hatta Marakarma mengatakan penghargaan ini didapat dari kerja keras seluruh pihak. 

"Untuk itu saya ingatkan kepada para kepala SKPD bahwa pencapaian prestasi ini harus menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur" jelasnya. 

Lanjut Hatta, opini WTP juga terwujud atas bimbingan kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan beserta jajarannya sehingga Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dalam mengelola APBD setiap tahunnya semakin lebih baik. Bupati dua periode ini juga mengatakan apa yang menjadi catatan BPK akan ditindak lanjuti. 

"saya sangat bersyukur atas pencapaian opini WTP ini, dan merupakan kado jelang akhir masa jabatan saya, ini merupakan kemajuan bagi kami dan akan terus mempertahankan, namun lewat kerja sama yang baik antara Legislatif dan Eksekutif, akhirnya Kabupaten Luwu Timur meraih opini WTP kembali" tutup Hatta. (is/hms).
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer