Home » » Angkatan VII, PPI Tamatkan 122 Peserta

Angkatan VII, PPI Tamatkan 122 Peserta

Written By Redaksi kabarsulawesi on Senin, 06 Juli 2015 | 3:05 PM

Kabarsulawesi.com - Luwu Timur : Setelah melewati masa pelatihan selama 3 bulan, Pada tanggal 03 Juli 2015 Program Pelatihan Industri (PPI) angkatan VII Tahun 2015 mengikuti seremoni penamatan studi di Kampus PPI Enggano Camp, Kecamatan Towuti (03/07). 

Para alumnus PPI yang dinyatakan lulus berhak mengantongi sertifikat kompentensi sesuai program studi yang mereka jalani masing masing yaitu Operator Alat Berat (Mining) 35 peserta, Mekanik Alat Berat (MEM) 36 peserta, Operator Process Plant 31 peserta, dan operator SCM 21 peserta. 

Peserta PPI berasal dari 11 kecamatan di Luwu Timur, adapun mekanisme pelaksanaan pelatihannya yakni peserta dilatih dengan pendekatan “Learning by doing” atau belajar dengan keterampilan melalui teori serta pola On The Job Training (OJT) menjadi satu tim kerja dengan karyawan permanen dengan bimbingan dan pengawasan yang ketat oleh para instruktur yang kompeten dibidangnya masing masing yang sebelumnya telah dibekali safety standar dari Tim EHS PT. Vale, yang pelaksanaannya sebahagian besar dilokasi kerja PT. Vale. 

 “Angkatan ke VII PPI dengan jumlah peserta sebanyak 122 peserta berhasil menyelesaikan program dengan prestasi tanpa kecelakaan kerja atau “Zero Accident”, semoga ini menjadi awal yang baik dan dapat dipertahankan hingga ke dunia kerja yang sebenarnya,” kata Direktur PPI Muh. Thamrin dalam laporannya. 

Thamrin juga menjelaskan bahwa secara organisasi PPI merupakan pelaksana teknis dibawah manajemen Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS) yang berkoordinasi langsung dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Sosial Pemerintah Kabupaten Luwu Timur. Sementara itu, Asisten Pemerintahan H. Syahidin Halun yang mewakili Bupati Luwu Timur, pada acara penamatan tersebut, mengucapkan selamat atas kelulusan kepada peserta Program Pelatihan Industri (PPI) Angkatan VII Tahun 2015 yang telah berhasil menyelesaikan Program Pelatihannya.

Namun ia berharap penamatan ini hendaknya tidak dijadikan semata-mata sebagai acara rutin yang sifatnya seremonial, tetapi ia menaruh harapan besar kiranya ilmu yang telah telah diterima oleh para lulusan ini kiranya menjadi motivasi untuk membuka peluang kerja tidak hanya untuk mencari kerja di Pt. Vale tetapi juga di perusahaan-perusahaan rekanan PT. Vale lainnya.

Apa yang dilakukan dalam program PPI, menurut Syahidin ini perlu mendapatkan respon positif dan harus terus dikembangkan. Untuk itu program seperti ini sangatlah penting karena tujuannya untuk mendidik tenaga lokal siap pakai yang disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja lokal yang lebih produktif. 

“Saya yakin dan percaya bahwa dengan mendapat keterampilan semacam ini, saudara akan dapat membuka kesempatan kerja atau bahkan membuka peluang usaha lainnya” Ungkap.

Syahidin. Pada acara tersebut Asisten Pemerintahan yang didampingi oleh Basri Kambatu Senior GM Mining Operation & Explorasi yang mewakili Manajemen PT. Vale, Achmad Gamara yang mewakili Yayasan Pendidikan Sorowako serta Mas’ud Masse Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Luwu Timur berkesempatan memberikan penghargaan kepada masing masing 2 lulusan terbaik dari setiap jurusan, untuk lulusan terbaik jurusan Operator Alat Berat (Mining) diberikan Teddy Ade Gunawan dan Anwar, kemudian untuk jurusan terbaik Operator Process Plant diberikan kepada Rumi Husain dan Semuel Sauran Palindangan, selanjutnya jurusan terbaik SCM diberikan kepada Dalika dan Sainal sedangkan untuk jurusan terbaik Mekanik Alat Berat (MEM) diberikan Herlina Sarpin dan Rivelina Bulo.(ophy/hms)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer