Home » » BLUD RSUD I Lagaligo Ikuti Penilaian Akreditasi Versi 2012

BLUD RSUD I Lagaligo Ikuti Penilaian Akreditasi Versi 2012

Written By Redaksi kabarsulawesi on Rabu, 12 Agustus 2015 | 3:30 PM

Kabarsulawesi.com - Luwu Timur : Tim Survey dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), dr. Henry R Yapari, M.Kes dan Maria Vonny H. Rumampuk, M.Si melakukan penilaian akreditasi Versi 2012 di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD I Lagaligo Wotu. Rombongan Tim survey KARS ini diterima Bupati Luwu Timur, H Andi Hatta Marakarma didampingi Direktur BLUD RSUD I Lagaligo, dr Rosmini Pandin diaula BLUD RSUD I Lagaligo, Rabu (12/08/2015). 

Dalam sambutannya, Hatta mengatakan akreditasi rumah sakit merupakan aspek penting yang harus mendapat perhatian pasalnya akreditasi turut menentukan standar pelayanan rumah sakit dari berbagai aspek. Intinya, akreditasi dilakukan agar mutu pelayanan memenuhi standar yang ditetapkan. 

"seluruh elemen dirumah sakit harus berkomitmen untuk melakukan perubahan terutama aspek pelayanan" tandasnya. 

Dirinya berharap penilaian akreditasi ini harus objektif agar dapat menjadi bahan evaluasi jika sekiranya masih ada kelemahan-kelemahan dalam pelayanan yang masih perlu disempurnakan. 

"jika ada kelemahan, sampaikanlah agar bisa dijadikan evaluasi" jelasnya. 

 Ketua Tim Survey KARS, dr Henry R Yapari mengatakan akreditasi merupakan pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada manajemen rumah sakit, karena telah memenuhi standar yang ditetapkan. Akreditasi ini bertujuan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang bermutu. 

 Lanjutnya, dalam era masyarakat ekonomi asean (MEA) nantinya, akreditasi menjadi hal penting yang harus dimiliki RS, sebab untuk membangun kerjasama dengan berbagai pihak terutama pihak luar, seperti perusahaan asing nantinya, rumah sakit harus terakreditasi. 

 Ia menambahkan akreditasi RS versi 2012 meliputi 15 bab atau kelompok kerja (Pokja) yang mencakup sasaran keselamatan pasien (SKP), hak pasien dan keluarga (HPK), pendidikan pasien dan keluarga (PPK), peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP), sasaran millenium development goals (MDGs), akses pelayanan dan kontinuitas pelayanan (APK), asesmen pasien (AP), pelayanan pasien (PP), pelayanan anestesi dan bedah (PAB), manajemen penggunaan obat (MPO), manajemen komunikasi dan informasi (MKI), kualifikasi dan pendidikan staf (KPS), pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI), tata kelola, kepemimpinan dan pengarahan (TKP) dan terakhir, manajemen fasilitas dan keselamatan (MFK). Direktur RSUD I Lagaligo Kabupaten Luwu Timur dr. Hj. Rosmini Pandin mengatakan bahwa Rumah sakit I Lagaligo siap diakreditasi. 

“Ini amanat undang-undang, bahwa dalam upaya peningkatan mutu layanan, setiap rumah sakit wajib diakreditasi,” katanya. 

 Sesuai jadwal, hari ini dan besok, 11-12 Agustus 2015, BLUD I Lagaligo akan dinilai oleh tim KARS. "secara umum RSUD I Lagaligo siap di akreditasi karena dari dulu kita selalu menekankan untuk selalu tertib dalam menjalankan kegiatan, termasuk tertib administrasi. Kita berharap visitasi ini dapat memberikan hasil yang memuaskan," tutupnya. (hr/hms).
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer