Home » » Pelatihan TPK3 Maksimalkan Peran PKK

Pelatihan TPK3 Maksimalkan Peran PKK

Written By Redaksi kabarsulawesi on Senin, 10 Agustus 2015 | 8:34 PM

Kabarsulawesi.com - Luwu Timur : PKK memiliki peran yang penting untuk membantu pemerintah Desa dan Kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga. untuk itu Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur melalui Pokja II menggelar sosialisasi Pelatihan Tim Penggerak Ketua Kelompok-Kelompok atau TPK3 PKK tingkat Kabupaten,di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Senin(10/08). 

Pembukaan pelatihan Tim Penggerak Ketua Kelompok-kelompok PKK ( TP3K PKK) Tingkat Kabupaten Luwu Timur diikuti 258 peserta yang dilaksanakan di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, yang dibuka Oleh Asisten Administrasi Umum,H. Baharuddin didampingi.

Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Andi Tenri Balobo Hatta. Ketua Tim Penggerak Kecamatan Malili,Kecamatan Angkona dan Kecamatan Tomoni timur. Ketua Pokja II, Safia Ismail mengatakan untuk meningkatkan pengetahuan serta memberikan pemahaman seragam tentang 10 program pokok PKK dan tata cara pengisian administrasi PKK, sasaran kegiatan di peruntukan bagi pengurus TP-PKK kecamatan, Pengurus TP-PKK Desa/Kelurahan serta kelompok dasa wisma Se-kabupaten Luwu Timur dimana peserta tiap PKK kecamatannya sebanyak 9 (sembilan) Orang dan 7 (tujuh) orang dari PKK Desa/Kelurahan. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Empat Kecamatan Mulai Hari Ini Senin s.d Kamis, tgl 10-13 Agustus 2015, yang meliputi kecamatan malili (Malili, Angkona, Tomoni Timur),Kecamatan Towuti (Towuti, Nuha, Wasuponda), Kecamatan Burau (Burau, Wotu) dan Terakhir di Kecamatan Mangkutana (Tomoni, Mangkutana, Kalaena).
 
Nara Sumber dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur,"tutup Safia Ismail. Sementara itu Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu Timur , Hj Andi Tenri Balobo Hatta mengatakan pelaksanaan Pelatihan Tim Penggerak Ketua Kelompk-Kelompok PKK (TPK3PKK) ditujukan untuk mensuksesan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di Kabupaten Luwu Timur. 

Ini bukanlah semata-mata merupakan hasil kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten, Namun sebagian besar merupakan hasil kerja semua jajaran Tim Penggerak PKK di Wilayah Kabupaten Luwu Timur, terutama tingkat Kecamatan dan Desa/kelurahan. 

Hal ini disebabkan karena Tim Penggerak PKK Kecamatan, Desa/Kelurahan merupakan ujung tombak Gerakan PKK yang dalam pelaksanaannya terjun langsung membina warga yang ada diwilayahnya masing-masing" jelasnya. 

Ia juga mengharapkan Tim Penggerak PKK dan Ketua Kelompok-Kelompok PKK sebagai mitra kerja Pemerintah harus bergerak sejalan dengan konsep-konsep pembangunan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan Keluarga di Desa. 

Makanya,pelatihan ini dimaksudkan agar Pengetahuan Tim Penggerak PKK dan Ketua Kelompok-Kelompok PKK lebih baik lagi khususnya dalam mengelola dan memberikan bimbingan di desanya masing-masing. 

Sementara itu, Asisten III bidang Administrasi umum, H. Baharuddin saat memberikan sambutan mengatakan Kemampuan kader dalam menyampaikan dan memaksimalkan program PKK di tingkat masyarakat paling bawah harus ditingkatkan guna mencapai hasil yang lebih baik,

Karenanya, pelatihan ini menjadi wahana yang cukup strategis mengingat pelaksanaannya seiring dengan semangat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan TP-PKK dan para kadernya agar lebih mampu dan professional dalam melaksanakan peran dan fungsinya dalam memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat. 

 "TP PKK Kabupaten Luwu Timur harus dapat terlibat dalam setiap kegiatan pemerintah terutama yang saat ini sedang menjadi prioritas utama seperti pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan. 

Makanya, saya menghimbau kepada para Kepala Unit Kerja yang mempunyai kegiatan yang berkaitan dengan 10 program PKK, untuk selalu melibatkan Tim Penggerak PKK dalam setiap pelaksanaannya" tutup Baharuddin. (is/hms)
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer