Home » » Lutim Jalani Penilaian Nasional Kabupaten Sehat

Lutim Jalani Penilaian Nasional Kabupaten Sehat

Written By Redaksi kabarsulawesi on Rabu, 12 Agustus 2015 | 4:00 PM

Kabarsulawesi.com - Luwu Timur : Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat 2015 Tingkat Nasional yakni Chandra Rudyanto sebagai pimpinan rombongan, beserta dua orang tim penilai lainnya dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri melakukan verifikasi lapangan di Kabupaten Luwu Timur. Tim penilai disambut Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur, Bahri Suli diaula Sasana Praja Kantor Bupati, Rabu (12/08/2015). 

Saat menerima tim, Sekretaris Daerah didampingi Ketua Forum Kabupaten Sehat 2015 Firnandus Ali beserta para jajaran pimpinan daerah yang terkait dengan Forum Kabupaten Sehat. Dalam sambutan penerimaannya, Sekda menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Verifikasi seraya berharap tim dalam penilaian bisa tepat waktu dan tepat sasaran. 

“Kami berharap, kunjungan saudara-saudara hari ini ke daerah kami, bisa menjadi sebuah motivasi dan dukungan terhadap usaha-usaha meningkatkan kesadaran masyarakat Kabupaten Luwu Timur tentang perlunya menciptakan daerah yang sehat dan berkualitas,” ujar Bahri Suli. 

 Ia juga mengatakan bahwa pembangunan kesehatan di dalam RPJMD Kabupaten Luwu Timur 2011-2015 merupakan sektor prioritas sehingga mendapat tempat yang penting dan strategis, hal ini disebabkan karena Pemerintah menyadari kesehatan merupakan salah satu komponen pembangunan manusia dalam rangka menciptakan sumber daya masyarakat (SDM) yang berkualitas, olehnya itu, pemerintah terus berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui berbagai program yang terencana dan berkesinambungan. 

Dari lima tatanan yang diajukan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur meliputi kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan pertambangan sehat, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, hutan sehat serta katahanan pangan dan gizi. beberapa langkah telah dilakukan, terutama dengan memberdayakan seluruh pemangku kepentingan sesuai dengan fungsi masing–masing dan dikoordinasikan dalam sebuah forum Kabupaten/kota sehat. 

Sementara Ketua Tim Verifikasi Chandra Rudyanto mengatakan verifikasi kabupaten / kota sehat ini guna melihat langsung kenyataan langsung dilapangan dengan data laporan yang disampaikan berkaitan penganugerahan Swasti Saba Padapa. 

 “ Kabupaten Luwu Timur pernah mendapatkan penghargaan Swasti Saba Padapa Tahun 2013 dan sekarang dikembangkan untuk mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerdha dengan penambahan 2 tatanan yaitu mengenai Kehutanan Sehat serta Pangan dan Gizi” terang Chandra. 

Sebelum melakukan peninjauan lapangan, Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur Bahri Suli yang juga selaku Ketua Tim Pembina Kabupaten Sehat menyerahkan kepada Ketua Tim Verifikasi Nasional (ophy/ hms)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer