Home » » LVRI Parepare Rayakan hari Veteran Ke – 70

LVRI Parepare Rayakan hari Veteran Ke – 70

Written By Redaksi kabarsulawesi on Senin, 10 Agustus 2015 | 2:00 PM

Kabarsulawesi.com - Parepare : Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Cabang Kota Parepare, memperikati Hari Veteran ke – 70 yang jatuh pada tanggal 10 Agustus 2015. Pelaksanaan Hari Veteran itu berlangsung sederhana bertempat di halaman kantor LVRI Cabang Parepare. Hadir pada peringatan Hari Veteran ini, Walikota Parepare, DR. HM. Taufan Pawe, SH, MH, Dandim 1405 Mallusetasi, Letkol. CZI. Drs. Syarifuddin, M.Si, Kasi Pers Korem 142/TTG, Letkol. Inf. Rahman, Ketua LVRI Cabang Parepare, H. Abdul Madjid. S, para unsur Pimpinan Instansi Pemerintah, para Veteran dan janda veteran, organisasi kepemudaan, serta tokoh masyarakat dan undangan lainnya. 

Walau dirayakan secara sederhana, namun peringatan Hari Veteran ke – 70 ini berlangsung hikmat, terlebih lagi ketika sesi Rapat Pleno, dimana Sekretaris LVRI Cabang Parepare, DRS. Amirullah, membacakan sejarah singkat perjuangan, mengisahkan perjuangan para pahlawan daerah yang gugur dan tempat mereka perjuang dan di makamkan. 

Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) adalah organisasi yang menghimpun para veteran Republik Indonesia. Menurut Undang-Undang No. 7 Tahun 1967, negara perlu memberikan penghargaan kepada mereka yang telah menyumbangkan tenaganya secara aktif atas dasar sukarela dalam ikatan kesatuan bersenjata baik resmi maupun kelaskaran dalam memperjuangkan, membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam Undang-undang disebutkan bahwa Veteran Republik Indonesia adalah warga negara Republik Indonesia yang ikut secara aktif dalam sesuatu peperangan membela Kemerdekaan dan kedaulatan Negara Republik Indonesia menghadapi negara lain yang timbul pada masa yang akan datang, dan juga mereka yang ikut dalam masa revolusi fisik antara 17 Agustus 1945 sampai 27 Desember 1949 untuk mempertahankan Republik Indonesia, ikut aktif dalam perjuangan pembebasan Irian Barat melakukan Trikora sejak 10 Desember 1961 sampai dengan 1 Mei 1963, dan yang ikut melakukan tugas Dwikora langsung secara aktif dalam operasi-operasi/pertempuran dalam kesatuan-kesatuan bersenjata. Menurut UU No. 7/1967, semua Veteran yang telah disahkan memperoleh gelar kehormatan Veteran Republik Indonesia dan berhak dan wajib menjadi anggota Legiun Veteran Republik Indonesia yang merupakan satu-satunya organisasi massa Veteran. (Sul/Abd. Rahim)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer