Home » » Parepare Jadi Pilot Project Bappenas

Parepare Jadi Pilot Project Bappenas

Written By Redaksi kabarsulawesi on Kamis, 13 Agustus 2015 | 2:00 AM

Kabarsulawesi.com - Parepare : Penetapan Parepare sebagai pilot project program Perluasan Akses Sanitasi dan Air Bersih Badan Perencanaan Nasional (Bappenas). Hal itu ditegaskan Syahrijal, Tenaga Ahli Teknik Lingkungan Bappenas, dalam pertemuan Pokja Air Minum dan Sanitasi Parepare, di Aula Bappeda. Program Perluasan Akses Sanitasi dan Air Bersih Bappenas ini, telah berjalan selama dua tahun, dan saat ini telah memasuki tahapan evaluasi, dan Kota Parepare satu-satunya daerah di kawasan timur Indonesia yang mendapatkan program ini. 

Tenaga Ahli Teknik Lingkungan Bappenas, Syahrijal, mengatakan, evaluasi dilakukan untuk melihat pengaruh program ini pada peningkatan investasi air minum dan sanitasi dua tahun terakhir. Salah satu indicator yang akan dilihat adalah klaim asuransi kesehatan (BPJS dan Jamskemas) apakah menurun atau justru meningkat. 

Sementara itu, Cahyadi, salah satu tim survey Program Sanitasi Bappenas, mengatakan, ada enam variable yang akan dilihat pihaknya. Keenam variable tersebut kata dia, tersebar di lima SKPD, yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Puskemas, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Humas dan Infokom, serta PDAM. Sekretaris Daerah Kota Parepare, Mustafa Mappangara, mengatakan, program sanitasi utamanya air bersih di Parepare merupakan salah satu fokus perhatian utama Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe. 

Program ini menjadi bagian dari 10 program prioritas. 

 “Untuk Air bersih, Pemkot Parepare telah menargetkan tahun 2017 tuntas. Adapun anggaran yang disiapkan berkisar Rp20, 7 miliar. Sekarang tahun kedua, dan untuk tahun ini kita anggarkan hampir Rp8 miliar,” katanya. 

Program perluasan akses sanitasi dan air bersih yang diselenggarakan di Kota Parepare dan enam daerah lain di Indonesia, merupakan kelanjutan program serupa yang dilaksanakan di Kabupaten Payakumbuh. Selain Parepare, enam daerah lain di Indonesia yang mendapatkan program Perluasan Akses Sanitasi dan Air Bersih adalah Kota Semarang, Bekasi, Kabupaten Badung, Mataram, Kabupaten Roti Ndao, serta Kota Balikpapan. (sulhayat)
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer