Home » » Pelayanan Nikah KUA Kecamatan Ujung Komitmen Gunakan SOP

Pelayanan Nikah KUA Kecamatan Ujung Komitmen Gunakan SOP

Written By Redaksi kabarsulawesi on Rabu, 12 Agustus 2015 | 1:50 PM

Kabarsulawesi.com - Parepare : Dalam mengoptimalkan tugas – tugas sebagai pelayan kepada masyarakat khususnya dalam pelayanan prosedur pernikahan di wilayah kerja Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ujung Kota Parepare, maka standar dan prinsip yang harus di kedepankan adalah SOP yang sudah ada, sehingga masyarakat yang memohon bantuan dan pelayanan merasa sangat puas. 

 Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ujung Kota Parepare, H. Hasan Basri,S.Ag,SH,M.Ag saat di temui wartawan media ini menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat terkait ketentuan ketentuan dalam proses pernikahan,kami tetap berpedoman kepada Standar Operasinal Pelayanan(SOP). 

Menurutnya,untuk wilayah kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan Ujung Kota Parepare yang terdiri dari lima kelurahan di dukung oleh tiga orang tenaga penyuluh.Hasan Basri menambahkan bahwa terkait biaya nikah diluar Kantor Urusan Agama telah di atur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 2014 yang jumlahnya sebesar Rp 600.000,- dan pembayarannya langsung di Bank. Ditegaskan Hasan Basri, Persyaratan untuk urusan nikah, 

Calon pengantin melaporkan kehendak nikah 10 hari sebelum hari pelaksanaan akad nikah. Sebelum akad nikah,calon pengantin di anjurkan datang di KUA untuk mendapatkan bimbingan/kursus calon pengantin(SUSCATIN). 

Bagi yang menikah di KUA Rp 0 (Gratis)bagi yang miskin(Keduanya miskin),musibah/bencana biaya (gratis),syarat keterangan tidak mampu dari lurah. Apabila akad nikah di langsungkan di luar balai nikah,maka calon pengantin membayar sebesar Rp 600.000,- di Bank. 

Calon pengantin perempuan yang hendak melangsungkan akad nikah di daerah atau kabupaten lain,di anjurkan membawa surat rekomondasi pindah nikah dan piagam hasil kursus CATIN dari KUA setempat. Standar Pelayanan yang dimaksud itu adalah, Pegawai KUA Kecamatan Ujung dapat memberikan pelayanan sesuai ketentuan/peraturan yang berlaku. 

Selain itu, seluruh bentuk keperluan/kebutuhan masyarakat dapat di layani dengan baik,ramah,mudah dan cepat. Tentang pelayanan SOPnya adalah, Pegawai KUA Kecamatan Ujung memberikan pelayanan prima dengan memacu pada 4 dimensi pelayanan; Ketetapan waktu dalam pelayanan, akurasi pelayanan(terhindar dari kekeliruan), bertanggung Jawab dan kemudahan dalam pelayanan “Kami menerima saran dan kritik yang konstruktif dari pihak yang kurang puas dengan pelayanan kami” H. Hasan Basri (Gunawan.S)
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer