Home » » Program Gender di Luwu Timur di Evaluasi

Program Gender di Luwu Timur di Evaluasi

Written By Redaksi kabarsulawesi on Kamis, 20 Agustus 2015 | 3:00 PM

Kabarsulawesi.com - Luwu Timur : Dalam rangka mewujudkan kesetaraan gender maka pemerintah mengeluarkan suatu strategi yang dikenal dengan istilah Pengarusutamaan Gender (PUG) yang merupakan strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi suatu dimensi integral dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan program dan kegiatan pembangunan, perencanaan dan penganggaran yang tepat. 

Guna mengetahui implementasi PUG di SKPD, permasalahan gender dan penyebabnya serta upaya penyelesaian masalah ditingkat SKPD, maka dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pengarusutamaan Gender di seluruh wilayah Kabupaten/Kota. Atas dasar itulah Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan pengembangan dan penguatan kelembagaan pengarusutamaan gender di Aula Kantor Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur, Kamis (20/08/2015). 

Wakil Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari tugas pengembangan dan Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Luwu Timur. Dimana, kegiatan ini menargetkan agar tersusun 1 (satu) dokumen monitoring dan evaluasi PUG di Kabupaten Luwu Timur. 

 Lanjut Husler, di dalam dokumen tersebut memuat 7 (tujuh) prasyarat PUG antara lain, dukungan politik, kebijakan, kelembagaan PUG, sumberdaya manusia dan anggaran, alat analisis gender, data terpilah serta peran serta masyarakat. Namun disadari bahwa, prasyarat PUG ini akan berhasil jika seluruh SKPD dan Stakeholder terkait lainnya memahami pelaksanaan PUG dan selanjutnya mengimplementasikannya dalam berbagai program dan kegiatan pemerintah. 

“ikuti dengan baik pertemuan ini karena akan dijelaskan seluruh kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi oleh seluruh SKPD dan Stakeholder terkait” tambahnya. Laporan Penyelenggara, Ridwan dari BPPKB Provinsi Sulsel mengatakan untuk meningkatkan pengintegrasian PUG diseluruh bidang pembangunan sebagai acuan dalam merencanakan dan melaksanakan program dan kegiatan yang responsif gender diberbagai sector.

“kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari 21-22 Agustus 2015 di Kab Luwu Timur” tandasnya. (hendra torama)
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer