Home » » Rapat Pleno KPU Kep.Selayar Tak Tetapkan Paslon Aji - Gani

Rapat Pleno KPU Kep.Selayar Tak Tetapkan Paslon Aji - Gani

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 25 Agustus 2015 | 8:30 PM

Kabarsulawesi.com – Selayar : Rapat pleno penetapan calon bupati dan wakil bupati Kepulauan Selayar yang berlangsung tertutup di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Takalar, Sulawesi-Selatan, sekira pukul 23.30 Wita secara sah menyatakan pasangan Aji Sumarno-Abd. Gani tidak ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam penyelenggaraan pilkada tahun 2015 dengan alasan, pasangan Aji-Gani masih berproses dan menunggu keputusan musyawarah di Panwaslu kabupaten. 

Hal tersebut dilontarkan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar, Asmar Sugianto, S.Stp yang dikonfirmasi wartawan via telefon selularnya pada hari Selasa, (25/8) dini hari, pasca dilaksanakannya rapat pleno oleh anggota Komisioner KPU. Meski begitu, Asmar enggan menjelaskan secara detail akan masih adanya kemungkinan pasangan Aji-Gani akan ditetapkan menyusul setelah terbitnya keputusan Panwaslu Kepulauan Selayar. 

Proses ini diakui Asmar, sudah berjalan sejak sepekan lalu. Bahkan sengketa pilkada yang diajukan pasangan Aji Sumarno-Abd. Gani sempat disidangkan di Kantor Dharmawanita Persatuan Kabupaten Kepulauan Selayar dibawah pengamanan ketat aparat Kepolisian Resort Kepulauan Selayar dan satuan pengamanan dari Brimob Polda Sulsel. “Semua bergantung pada keputusan akhir panwaslu”, kilahnya. 

 Lebih jauh, Asmar memastikan bahwa keputusan Rapat Pleno KPU Kepulauan Selayar yang tidak menetapkan pasangan Aji Sumarno-Abd. Gani, tidak akan menganggu tahapan pilkada lanjutan. Cuma kemungkinannya, KPU akan mendapatkan tugas tambahan di luar tahapan yang telah ditetapkan sebelumnya, termasuk mengikuti proses sidang sengketa yang diajukan pasangan Aji-Gani melalui lembaga Panwaslu. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar akan tetap komitmen untuk menjalankan tahapan pilkada yang telah disepakati dan ditetapkan secara sah oleh KPU Pusat. 

Bilapun terjadi perubahan konstalasi pasca rapat pleno, KPU Kepulauan Selayar akan berkoordinasi dengan Bawaslu Republik Indonesia dan KPU Pusat untuk meminta petunjuk lanjutan, demi untuk lancarnya penyelenggaraan tahapan pilkada serentak. Sekretaris KPU Kepulauan Selayar berharap banyak agar masyarakat dapat lebih cerdas menyikapi setiap persoalan. KPU berjanji akan membuka ruang bagi masyarakat untuk mengikuti dan memantau setiap tahapan pilkada yang tengah berjalan. 

Pasca dilaksanakannya rapat pleno penetapan calon bupati dan wakil bupati, Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar tetap dalam kondisi kondusif, aman dan terkendali. Meski hingga pukul 00.00 dini hari, masih ada riak-riak yang berlangsung di halaman kantor KPU. 

Asmar Sugianto menegaskan, belum ada sedikitpun gerakan yang mengarah pada tindakan anarkhisme. Kendati begitu, aparat pengamanan berlapis dari satuan Brimob Polda Sulsel serta jajaran pengamanan Polres Kepulauan Selayar tetap siaga menjalankan tugas pokoknya, pungkas Asmar di ujung telefon. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar, Hasiruddin yang dihubungi terpisah oleh wartawan beberapa menit usai dilaksanakannya rapat pleno secara tegas menandaskan, sesuai dengan tahapan, program dan jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar Tahun 2015, maka pada hari ini, Senin tanggal 24 Agustus 2015 telah dilaksanakan Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar Tahun 2015. 

Surat Keputusan dan Berita Acara Penetapan dapat di unduh di menu Download website kpu-kepulauanselayarkab.go.id, jelasnya. (fadly syarif) 

Keterangan Gambar : Berita Acara Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar oleh Komisioner KPU berikut suasana pengamanan kantor KPU Personil Brimob Polda Sulsel Menjelang detik-detik ditetapkannya nama pasangan calon.
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer