Home » » Target Pemkot Parepare 7028 Rumah Warga Direnovasi

Target Pemkot Parepare 7028 Rumah Warga Direnovasi

Written By Redaksi kabarsulawesi on Jumat, 14 Agustus 2015 | 3:17 PM

Kabarsulawesi.com – Parepare : Target Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare hingga 2017 mendatang bakal merenovasi 3302 rumah tak layak huni. Program irenovasi rumah warga tak layak huni ini adalah program lanjutan yang telah dilaksanakan Pemkot Parepare pada tahun 2014 telah melakukan bedah rumah sekitar 246 buah rumah. 

Tahun ini, Program bedah rumah menurut Walikota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, SH, MH menganggarkan sebesar Rp. 750 juta. HM Taufan Pawe saat membuka rapat koodinasi pelaksanaan program Mampu (Maju Perempuan Indonesia Untuk Penanggulangan Kemiskinan) Bakti di ruang rapat Wali Kota Parepare, Selasa, 11 Agustus 2015, mengatakan, untuk tahun 2015, anggaran bedah rumah bersumber dari APBD Kota Parepare Tahun 2015. Program ini kata Taufan, menjadi lokomotif dalam memajukan kaum perempuan dan menetas kemiskinan di Kota Parepare. 

Lima program Mampu kata dia, pada dasarnya rohnya telah ada dalam RPJM Kota Parepare 2013 2018. Rapat ini dihadiri Ketua DPRD Kota Parepare, John Pananangan, Program Development Manager(PDM) Mampu, Muhammad Yusran, Prof DR Muhammad Siri Dangnga, Koodinator Mampu Parepare, Ibrahim Fatah, pimpinan SKPD terkait, serta pengurus program Mampu Kota Parepare lainnya. 

Tujuan pertemuan adalah untuk membangun komitmen bersama menyukseskan program Mampu di Kota Parepare, antara Pemerintah Kota Parepare, DRRD Kota Parepare dan Mampu Bakti. Komitmen pemerintah daerah terhadap pelaksanaan program tak perlu diragukan. Political will pemerintah kota, kata dia, sangat jelas. Bahkan, beberapa diantaranya telah dapat berjalan dengan baik di lapangan. Salah satunya yang dipaparkan Taufan adalah proram perluasan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan melalui Call Centre 112. 

 “Kita selama ini tidak pernah berhenti berbicara persoalan gender, persoalan kemiskinan, persoalan perluasan akses yang luas kepada warga dalam memperoleh hak-hak dasar mereka,” tandasnya. Selain program bedah rumah, Pemkot Parepare telah menganggarkan pembangunan jambang keluarga. Untuk program ini Badan KB menganggarkan dalam APBD pengadaan alat kontrasepsi keluarga miskin. 

Dari Dinas Sosial kita siapkan Rp1 miliar untuk sarana prasarana keluarga miskin. Kita juga lakukan Bintek peningkatan SDM kegiatan usaha keluarga miskin,” terangnya. “ Melalui program Mampu dan program lain di jajaran Pemerintah Kota Parepare, angka kemiskinan di Parepare yang saat ini berkisar 5 persen dari total penduduk Parepare, sekitar 137 ribu jiwa, dapat diturunkan hingga 4,7 pada tahun 2018 mendatang. Sementara pengangguran yang saat ini berkisar 4. 2 persen, ditaget tinggal 1,5 persen di akhir periode pertama pemerintahannya.” Tegas HM. Taufan Pawe. (Sulhayat)
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer