Home » » Apel Siaga Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Apel Siaga Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Written By Redaksi kabarsulawesi on Minggu, 06 September 2015 | 8:59 AM

Kabasulawesi.com - Luwu Timur : Sijago merah tiba-tiba mengamuk di sebuah perkampungan di Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur pada Sabtu pagi (05/09/2015). 

Sebuah rumah terbakar hebat. Suasana yang semula tenang seketika berubah menjadi kepanikan dan teriakan meminta tolong. Tak berselang lama, dua unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi setelah dihubungi salah seorang warga. 

Dengan sigap anggota pemadam kebakaran langsung menangani kebakaran. Tak butuh waktu lama api sudah bisa dikuasai dan akhirnya padam. Peristiwa tersebut adalah bagian dari simulasi tanggap bencana dan penanggulangan bencana kebakaran yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Luwu Timur sebagai upaya untuk menjaga kesiap-siagaan terhadap penanggulangan bencana. "Saat ini kita telah memasuki musim kemarau dimana potensi kebakaran sangat rawan terjadi," ungkap 

Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Luwu Timur, H syahidin Halun saat memimpin Apel Siaga Penanggulangan Bencana di Lapangan Puncak Indah, Desa Puncak Indah Kecamatan Malili. Dalam Apel Siaga yang dihadiri oleh lembaga yang terkait dengan kebencanaan tersebut, H Syahidin Halun berpesan agar seluruh elemen tidak lengah terhadap potensi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu. 

"Kewaspadaan kita terhadap bencana khususnya bencana kebakaran harus semakin ditingkatkan memasuki musim kemarau ini,"jelasnya. Apel siaga dan simulasi penanggulangan bencana kebakaran yang diikuti oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur, Tagana, Polisi Hutan, TNI dan Pramuka yang ada di Kabupaten Luwu Timur tersebut juga disaksikan langsung oleh Penjabat Bupati Luwu Timur, H Irman Yasin Limpo didampingi sejumlah Pejabat di jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur. 

 Untuk diketahui bersama bahwa, memasuki musim kemarau, sejumlah peristiwa kebakaran bisa saja terjadi di wilayah Kabupaten Luwu Timur, khususnya kebakaran hutan dan lahan. Hal ini tentunya tidak hanya menjadi tanggung jawab BPBD dan tim penanggulangan bencana yang ada, tapi juga seluruh lapisan masyarakat hendaknya merasa berkepentingan untuk tetap tanggap dan mewaspadai setiap bencana khususnya kebakaran yang bisa terjadi kapan saja. (Humas Luwu Timur)
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer