Home » » Gubernur Hadiri Groundbreaking Pembangunan RSU Tipe B Plus Parepare

Gubernur Hadiri Groundbreaking Pembangunan RSU Tipe B Plus Parepare

Written By Redaksi kabarsulawesi on Minggu, 27 September 2015 | 5:16 PM

Kabarsulawesi.com – Parepare : Diiringi dengan tabuhan gendang yang dilakukan secara bersamaan oleh Gubernur Sulsel, Dr H. Syahrul Yasin Limpo, Ketua DPRD Sulsel, HM Roem dan Walikota Parepare, Dr. HM. Taufan Pawe, SH, MH yang dibarengi dengan bunyi serine bersamaan dengan bunyi dentuman penancapan tiang panjang sedalam 16 meter, menandai dimulainya pembangunan Rumah Sakit Umum (RSU) Tipe B Plus. Acara ini berlangsung pada minggu, 27 September 2015, bertempat di Tonrangeng, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare. 

Groundbreaking dimulainya pembangunan Rumah Sakit Umum Tipe B Plus ini, menurut Walikota Parepare, merupakan tindaklanjut dari program Provinsi Sulsel pada bidang kesehatan, khususnya menghadirkan Rumah Sakit yang berkualitas yang memiliki pelayanan prima. Selain itu, pembangunan RSU Tipe B Plus Parepare merupakan jawaban terhadap kondisi RSU Andi Makkasau yang saat ini daya tampungnya tidak lagi memadai sebagai rumah sakit regional. 

Di jelaskan Taufan Pawe, sejak 2015, pemerintah pusat telah menetapkan RSU Andi Makkasau sebagai rumah sakit rujukan provinsi untuk 14 kabupaten kota di utara Provinsi Sulawesi Selatan. Sebagai Ruah Sakit rujukan, setiap hari ada sekitar 500 pasien yang berobat di RSU Andi Makkasau. 

Hingga Agustus tahun ini, urai Walikota Pareparem, RSU Andi Makkasau telah melayani 15.872 orang pasien. Dari jumlah tersebut, pasien rawat jalan berjumlah 5.072 orang dan rawat inap sebanyak 10.755 orang, Ini belum termasuk pasien yang dirujuk ke sejumlah rumah sakit di Makassar, dimana hingga Agustus tahun ini telah mencapai 1.150 orang, dan diperkirakan akan terus bertambah hingga akhir tahun nanti. 

Walikota Parepare, dalam laporannya di hadapan Gubernur Sulsel, menjelaskan, Rumah Sakit Umum Tipe B Plus yang diperkirakan selesai tahun 2017 tersebut, berlantai 7 dengan kapasitas 1000 tempat tidur yang terdiri dari 3 kategori kelas I 400 tempat tidur, VIP 200 tempat tidur, dan kelas III 200 tempat tidur, dan ditambah dengan fasilitas ruang lainnya. 

 “ Selain pembangunan Rumah Sakit Type B Plus, juga akan dibangun fasiitas jalan lay over yang akan mempermudah masyarakat untuk mengakses jalan ke Rumah Sakit. Bahkan kami akan lengkapi dengan helipad untuk mempercepat dilakukannya proses evakuasi medis secara cepat dari berbagai provinsi di kawasan Timur Indonesia” ungkap Walikota.

Dalam sambutan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo sangat berterima kasih kepada Taufan Pawe yang akan membangun Rumah Sakit Type B Plus di Parepare. Syahrul Yasin Limpo pun mengabresiasi kinerja Taufan Pawe, dan Gubernur berjanji akan memberikan bantuan uang, “walaupun provinsi Sulsel punya uang sedikit, namun saya akan membantu mengucurkan dana sebesar 1 milyar rupiah.” 

Janji Gubernur. Bantuan Rp1 miliar untuk mendukung pembangunan RSU Tipe B Plus Parepare. Bantuan ini rencananya akan digunakan untuk mendukung pembangunan akses jalan menuju RSU Tipe B dari arah jalan poros Makassar. (Fajrianti PR)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer