Home » » Luwu Timur Nominator Nasional Petugas Teladan Jaringan Irigasi

Luwu Timur Nominator Nasional Petugas Teladan Jaringan Irigasi

Written By Redaksi kabarsulawesi on Rabu, 30 September 2015 | 11:09 PM

Kabarsulawesi.com - Luwu Utara : Petugas pengamat dan juru irigasi Kabupaten Luwu Timur, Abd Rahman dari ranting bendung Kalaena terpilih menjadi juara satu pada perlombaan petugas Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi Teladan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada Bulan Juni 2015 lalu. Dengan prestasi itu, maka Pengamat dan juru ini, sekaligus mewakili Kabupaten Luwu Timur dan Provinsi Sulawesi Selatan pada penilaian lomba pengamat dan juru jaringan irigasi teladan tingkat nasional. 

Makanya, Selasa 29 September 2015, Tim Penilai dari Kementerian Pekerjaan Umum RI meninjau langsung lokasi kerja Abd Rachman di kantor Juru BK.9 di desa Wonorejo, kecamatan Mangkutana. Rombongan tim disambut langsung Penjabat Bupati Luwu Timur, H. Irman Yasin Limpo. Tim penilai ini dipimpin oleh Ir. Prasidananto M,Eng, beserta dua orang rekannya, Ir.Ari Karyanto dan Suryono. Irman Yasin Limpo dalam sambutannya mengatakan berhasil tidaknya pengelolaan jaringan irigasi ini tidak terlepas ke ikutsertaan partisipasi aktif masyarakat petani untuk membantu sistem pengelolaan dan pemanfaatan jaringan irigasi sehingga dapat berkontribusi terhadap pendapatan petani. "Kami berharap melalui visitasi ini, ada saran dan masukan untuk meningkatkan perbaikan jaringan irigasi agar lebih baik lagi" tandasnya. 

Sementara itu, Ketua Tim Pemilihan Petugas O&P teladan tingkat Nasional Ir. Prasidananto M,Eng mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk pembelajaran dan meningkatkan sumber daya manusia dalam menangani jaringan irigasi. Dia mengatakan, penilaian ini dilakukan secara terbuka dan tanpa rekayasa sehingga apa yang dilihat di lapangan itulah yang akan dilaporkan kepada pusat. 

Prasidananto juga menjelaskan, bahwa terdapat lima faktor penting dalam menentukan keberhasilan suatu penyelenggaraan O&P , yaitu terkait kondisi prasarana irigasi, air irigasi, manajemen irigasi, kelembagaan pengelola irigasi dan sumber daya manusia. Andi Juana, Kepala bidang Sumber daya air pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Luwu Timur mengatakan terpilihnya juru jaringan irigasi teladan Kabupaten Luwu Timur ini mewakili Provinsi Sulawesi Selatan ditingkat Pusat, tetapi melalui seleksi yang cukup ketat mengingat lomba Tingkat Juru Jaringan irigasi menjadi ajang kompetisi bergengsi bagi semua Kabupaten/kota dan Provinsi. Selanjutnya, pada Agustus lalu dalam sarasehan di Yogyakarta, kembali ditetapkan Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili kabupaten Luwu Timur, masuk dalam nominasi terbaik (di urutan pertama) sementara, mengungguli wakil dari provinsi Kalimantan Selatan dan Banten. Lanjutnya, 

Meskipun sumberdaya manusia dalam pengelolaan jaringan irigasi di Kabupaten Timur tergolong masih minim. Jika dirincikan data petugas terdiri dari Petugas pintu Air (PPA) sebanyak 23 orang, petugas pekerja saluran (PS) sebanyak 34 0rang, dan Petugas Operasi Bendung (POB) sebanyak 10 orang. Namun mereka (petugas.red) tetap semangat melayani dan melakukan tugasnya siang dan malam demi keberhasilan pertanian di Luwu Timur dengan data jaringan induk sepanjang 33.367 meter dan saluran sekunder sepanjang 70.209 meter,” rincinya (is/hms).
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer