Home » » Tekan Golput, Penyelenggara Maksimalkan Partipasi Pemilih Pemula

Tekan Golput, Penyelenggara Maksimalkan Partipasi Pemilih Pemula

Written By Redaksi kabarsulawesi on Sabtu, 26 September 2015 | 8:29 PM

Kabarsulawesi.com - Luwu Timur : Sebagai upaya meningkatkan angka partisipasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Luwu Timur melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menggelar Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula di kalangan pelajar. Seperti terlihat, sejumlah pelajar yang merupakan perwakilan dari 4 sekolah SMA /sederajat se Kota Malili mengikuti kegiatan tersebut di Kawasan Taman Sayang Puncak Indah Malili, Sabtu (26/09/2015). 

Kegiatan sosialisasi Pemilihan Umum yang dilaksanakan PPK Kecamatan Malili sebagai usaha untuk memberikan pendidikan politik serta mengajak kepada pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya pada tanggal 09 Desember mendatang. “Jumlah pemilih pemula dalam pilkada Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur Tahun 2015 cukup signifikan yakni berkisar 15%, olehnya itu kami bersama KPUD berusaha untuk menekan angka golput,” terang Ketua PPK Kecamatan Malili Haryanto Hasan saat ditemui disela sela kegiatan. 

Menurut Haryanto, pemilih pemula merupakan pemilih yang memiliki pengetahuan yang masih minim tentang pemilu dan merupakan pemilih mengambang (swings voters), untuk itu dibutuhkan penggerak untuk menarik simpati para pemilih pemula agar menggunakan hak suaranya pada saat pemilihan. 

Dalam penyampaian materi, peserta dibagi dalam 4 kelompok dengan menggunakan metode games games simulasi menarik yang mudah dipahami para pemilih pemula, Adapun materi menyangkut pemilu yang sampaikan antara lain, syarat-syarat pemilih, memperkenalkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati serta cara pencoblosan yang benar. 

Sementara Anggota Komisioner KPUD Luwu Timur Divisi Tekhnis Khaerana mengatakan peserta yang berjumlah total 40 orang merupakan wakil dari sekolahnya, mereka nantinya menjadi duta pemilih yang mempunyai tanggungjawab untuk menyebarkan ilmu dan pengetahuan yang mereka dapatkan selama mengikuti kegiatan ini kepada teman teman sekolahnya yang lain. 

Salah seorang peserta yang merupakan perwakilan dari SMA Negeri 2 Malili Haryadi Herman (17), mengaku sangat senang dapat mengikuti kegiatan ini.


“Saya senang sekali dapat mengikuti kegiatan ini, materi yang disampaikan penyelenggara sangat mudah dipahami bagi kita sebagai pemilih pemula, penyampaiannya juga sangat menarik karena menggunakan metode simulasi permainan,” tutur Herman mewakili teman temanya.

Pada kegiatan sosialisasi ini, penyelenggara juga mengundang Camat Malili Senfry Oktavianus untuk membuka sosialisasi. 

Dalam sambutannya, Ia mengatakan kegiatan ini sangat strategis untuk memberikan pemahaman tentang pemilihan umum kepada pemilih pemula agar terdorong untuk berpartipasi menyalurkan hak pilihnya. Ia optimis dengan metode seperti ini, paritipasi pemilih pemula dapat ditingkatkan. (ophy/hms).
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer