Home » » Penguatan Kelembagaan Maksimalkan Program Pamsimas II

Penguatan Kelembagaan Maksimalkan Program Pamsimas II

Written By Redaksi kabarsulawesi on Kamis, 01 Oktober 2015 | 11:16 PM

Kabarsulawesi.com - Luwu Timur : Jelang pelaksanaan program Air Minum dan Sanitasi Pedesaan (Pamsimas) II, kelembagaan masyarakat yang menjadi pelaksana teknis dilapangan mendapat bimbingan agar penerapannya nanti sesuai dengan perencanaan yang telah susun sebelumnya. Demikian di sampaikan Asisten Ekonomi dan Pembangunan, HM Abrinsyah saat membuka penataan kelembagaan lokal program Pamsimas II tahun 2015 di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur, Rabu (30/09/2015). 

Menurutnya, kelembagaan lokal masyarakat merupakan agen pembangunan yang diharapkan dapat berperan aktif dan optimal dalam pengelolaan pembangunan desa. Mengingat urgensinya, kelembagaan diharapkan dapat menjadi wadah sekaligus aktor utama pendorong partisipasi, penggerak, mendayagunakan keswadayaan dan gotong royong demi menciptakan kemandirian masyarakat. Namun kata Abri, salah satu hal penting yang harus menjadi perhatian bersama adalah ketersediaan sumber air yang menjadi pasokan utama program ini. Dan Hutan menjadi salah satu penghasil sumber air terbaik. "Makanya, masyarakat harus diberi pemahaman dan penyadaran untuk menjaga kelestarian hutan" katanya. 

Ia juga berharap SPAMS yang dibangun diseluruh desa dan kelurahan sebagai lokasi Pamsimas tetap terpelihara, berfungsi optimal sehingga mampu mempertahankan dan meningkatkan cakupan akses air minum dan sanitasi pedesaan. Panitia Penyelenggara, Andry mengatakan program Pamsimas II tahun ini akan menyentuh beberapa desa diantaranya Desa Koroncia, Desa Tole, Desa Kawata, Desa Tabarano, Desa Ledu-Ledu, dan Desa Lera. 

 Lanjutnya, kegiatan ini diikuti para kepala desa sasaran program Pamsimas II, kelompok keswadayaan masyarakat (KKM), Kasi PMD kecamatan, dan Kader AMPL. Sementara narasumber dari sosialisasi ini LGS ROMS 7 Program Pamsimas II Provinsi Sulsel, Jasman Kurnia. (hr/hms).
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer