Home » » Bappeda Luwu Timur Gelar Orientasi RPJMD 2016-2021

Bappeda Luwu Timur Gelar Orientasi RPJMD 2016-2021

Written By Redaksi kabarsulawesi on Rabu, 16 Maret 2016 | 12:59 AM

Kabarsulawesi.com - Malili : Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar orientasi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD 2016-2021. Orientasi penyusunan RPJMD ini ditujukan untuk mensinergikan program-program pemerintah yang diarahkan untuk mencapai visi "Luwu Timur Terkemuka" 

Sekretaris Daerah, Bahri Suli saat membuka orientasi RPJMD mengatakan penyusunan ini sangat penting dilakukan karena akan menjadi landasan utama perencanaan pembangunan daerah selama lima tahun mendatang. 

Menurutnya, pembahasan awal ini guna mensinergikan program dan arah pembangunan daerah untuk mencapai visi daerah, namun tetap selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) pemerintah provinsi dan nasional. 

 "saya ingatkan agar orientasi awal penyusunan RPJMD ini harus diarahkan untuk mendorong visi misi Bupati dan Wakil Bupati. Itu artinya program yang nantinya disusun SKPD harus disinergikan untuk mencapai visi misi yang telah di janjikan" tandasnya. 

 Kepala Bappeda, Muh. Zabur mengatakan Orientasi RPJMD ini merupakan bentuk antisipasi terhadap segala perubahan yang terjadi dan meminta masukan dari para pemangku kepentingan untuk menentukan arah pembangunan lima tahun mendatang. 

Disamping itu, juga ditujukan untuk menentukan skala prioritas pembangunan yang wajib disusun dan telah disesuaikan dengan visi misi bupati dan wakil bupati terpilih. “saya minta para pemangku kepentingan dan stakeholder untuk memberikan pikiran, saran dan pendapat yang konstruktif, termasuk menyiapkan data-data pembangunan daerah sebelumnya yang akan dijadikan bahan evalusi sehingga menghasilkan strategi pembangunan yang tepat dan terarah" jelasnya. 

Sehari sebelumnya, Bappeda juga melakukan konsultasi publik terkait revisi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Luwu Timur 2005-2025. 

Kegiatan ini di buka Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler dan juga dihadiri Wakil Bupati, Irwan Bachri Syam, Ketua DPRD, Amran Syam, Anggota DPRD, Andi Endi ShinGo, Najamuddin, Badawi dan seluruh SKPD Lingkup Pemkab Luwu Timur. 

Dalam arahnnya, Husler berharap agar konsultasi publik yang dilakukan ini menjadi upaya elaborasi untuk menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergitas, baik antar wilayah, antar pemangku kepentingan, antar ruang, antar waktu, antar urusan pemerintahan maupun antar Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Kabupaten. 

 "Saya sangat mengharapkan doa dan dukungan dari kita semua agar dalam mengemban amanah ini, berjalan dengan baik" ungkapnya. Husler juga berharap agar para SKPD berperan aktif, menuangkan gagasan dan masukan yang konstruktif sehingga melahirkan pemikiran yang berintegritas demi mewujudkan cita-cita besar RPJPD “Kabupaten Luwu Timur yang Maju Melalui Pembangunan Berkelanjutan dengan Berlandaskan Nilai Agama dan Budaya”. (hr/hms).
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer