Home » » “Mengubah Madrasah Kandang Kambing menjadi Madrasah Modern”

“Mengubah Madrasah Kandang Kambing menjadi Madrasah Modern”

Written By Redaksi kabarsulawesi on Sabtu, 26 Maret 2016 | 12:13 AM

Kabarsulawesi.com - Pinrang : Pak Ajis, Sang Revolusi Pendidikan “Mengubah Madrasah Kandang Kambing menjadi Madrasah Modern” 

Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah wal-Irsyad (MI DDI) Pinrang Barat terletak di sebelah Barat Kota Pinrang Provinsi Salawesi Selatan, konon, masyarakat setempat menamainya sebagai madrasah kandang kambing yang kumuh, tempat para kambing mencari makan dan berteduh Tepat Akhir tahun 2000 M, peralihan kepemimpinan Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah wal-Irsyad (MI DDI) Pinrang Barat yang dinahkodai Bapak Muhammad Ajis, S.Ag, merupakan angin segar dalam perubahan,tugas berat yang diembangnya tidak mengurung semangat motivasi dan kesabarannya menata MI DDI Pinrang Barat, ibarat mengurai benang yang kusut dan carut marut. 

Namun secara perlahan perubahan mulai Nampak di tangan dingin Ajis menata Madrasah yang penuh dengan kesabaran dan keuletan. Akhirnya, Perjuangan beliau yang berbuah manis, MI DDI Pinrang Barat kini menjadi Madrasah Modern. Muhammad Ajis selaku Kepala Madrasah dan juga Fasilitator Daerah Kabupaten Pinrang USAID PRIORITAS dalam upaya-upaya yang dilakukannya mengurai benang yang kusut dan carut marut,ataukah yang dulunya Madrasah yang dikenal sebagai kandang kambing hingga menjadi Madrasah Modern, Adapun langkah-langkah dilakukannya adalah 

1. Memotivasi dan melibatkan peran serta masyarakat setempat membenahi Madrasah 
2. Melakukan perubahan Madrasah melalui Manajemen Berbasis Sekolah
3. Mengefektifkan Pembelajaran di Madrasah melalui Pembelajaran PAKEM 
4. Menumbuh kembangkan Budaya baca dengan menghadirkan sudut baca, taman baca, perpustakaan aktif 5. Mendesain Madrasah di dalam dan diluar kelas melalui lukisan tembok Madrasah,serta kreatifas siswa yang diakomodir melalui catatan dinding siswa Di usia 15 tahun berjalan, Muhammad Ajis memimpin Madrasah Ibtidaiyah DDI Pinrang Barat dengan melakukan gebrakan yang fantastis. 

Ajis dalam pemaparannya bahwa apa yang saya lakukan ini berkat kahadiran USAID PRIORITAS dalam menfasilitasi tentang pembelajaran yang baik Melalui Pembelajaran PAKEM Modul 1dan 2, Pembelajaran Manajemen Berbasis Sekolah dan Memanfaatkan barang barang yang tidak terpakai utk dijadikan Media Pembelajaran serta menata taman menjadi nyaman dan mengelolah ruang kelas dengan baik. 

Andi Irmayanti, guru MI DDI Pinrang Barat juga berujar, bahwa kehadiran Pak Ajis di Madrasah ini sangat berpengaruh dalam upaya mengembangkan Madrasah, dulu Madrasah ini masyarakat mempertimbangkan memasukkan anaknya di madrasah, akan tetapi sekarang siswanya sudah membludak, dan sekarang Madrasah yang sudah tampak berbasis Modern dan diminati banyak siswa. 

Hal ini juga diapresiasi oleh Kepala Seksi Madrasah Kab.Pinrang, tentang kemajuan MI DDI Pinrang Barat yang menjadi rujukan dan referensi Madrasah di kabupaten Pinrang dari 36 madrasah secara total. Untuk itu dia berharap tetap melakukan Gebrakan yang mendorong upaya peningkatan Madrasah yang berkualitas dan berkuantitas serta berharap madrasah yang lain juga mengikuti dan menengok ke MI DDI Pinrang Barat. 

Jurnal Citizen dan foto oleh : Haedar Ahmad - Peduli Pendidikan dan Penggerak Literasi



Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer