Home » » Wabup Turun Langsung Tindak Lanjuti Keluhan Warga

Wabup Turun Langsung Tindak Lanjuti Keluhan Warga

Written By Redaksi kabarsulawesi on Minggu, 03 April 2016 | 12:56 AM

Kabarsulawesi.com : Malili : Mendapatkan laporan masyarakat terkait adanya saluran irigasi lahan persawahan tidak berfungsi dengan baik di Desa Bone Pute Kecamatan Burau, Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam langsung meninjau lokasi untuk memastikan penyebab tidak berfungsinya saluran tersebut. 

Dalam tinjauannya, Wakil Bupati yang didampiingi Staf Ahli Pembangunan Labesse dan Camat Burau Satri mendapatkan laporan Kepala Desa Bone Pute M. 

Nasir bahwa akibat tidak berfungsinya saluran ini beberapa sawah produktif jadi tidak terairi. Pasalnya, banyak irigasi dan saluran air yang sudah mengalami pendangkalan akibat kekeringan terlalu lama dan saluran irigasi tanpa pemeliharaan. 

Olehnya itu pihaknya meminta kepada pemerintah membantu untuk melakukan perbaikan dan pengerukan irigasi dan saluran air, supaya para petani bisa menggarap sawah mereka. Menurutnya keberadaan lahan persawahan yang hanya mengharapkan air hujan untuk mengairi areal pertaniannya menjadi kendala utama dalam peningkatan produktifitas padi. 

Pasalnya, musim tanam yang seharusnya bisa dijadikan dua kali dalam setahun akan terbatas dalam satu kali musim tanam saja. Menanggapi keluhan tersebut, Wakil Bupati Luwu Timur segera akan merencanakan perbaikan irigasi di lokasi persawahan ini. 

 “Keluhan masyarakat petani kita, terkait kesulitan air secepatnya harus kita perbaiki karena ini merupakan kebutuhan yang mendesak,” terang Irwan. Wabup menyampaikan bahwa karena ini merupakan aliran primer sehingga perlu koordinasi dengan pemerintah provinsi. 

Tetapi penanggulangan sementara kita dapat menggunakan alat berat yang kita miliki untuk mempercepat pengerjaan perbaikan infrastruktur. “Jadi, untuk peningkatan produktifitas, diselesaikan dulu penyebab kerusakan agar pasokan air untuk mengaliri lahan tersebut bisa terpenuhi,” katanya. (Ophy/Humas Lutim)
Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer